Masyarakat Harus Miliki Peran Jaga Kondusifitas

KBB – Banyaknya animo masyarakat mengikuti kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, diapresiasi oleh anggota MPR RI H. Yadi Srimulyadi.

Menurutnya, respon masyarakat  cukup positif, jika ditinjau dari pertanyaan-pertanyaan peserta maupun dari jumlah kehadiran peserta, ujar Yadi.

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan kali ini banyak berbicara terkait dengan pertahanan dan keamanan, hal ini dapat dimaklumi karena selain menjabat sebagai Anggota MPR RI, H. Yadi Srimulyadi juga bertugas di Komisi 1 DPR RI yang membawahi isu-isu kemanan nasional.

Yadi menyatakan, bahwa ancaman kedaulatan itu nyata, dari luar banyak pihak yang tertarik untuk menguasai kekayaan alam Indonesia, dan pemerintah dengan tegas selalu memprioritaskan kepentingan nasional sehingga kerjasama dengan negara lain selalu dalam koridor yang baik dan fair tanpa merugikan kedaulatan dan kepentingan nasional.

’’Ini sejalan dengan amanat yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan,”jelas Yadi ketika ditemui kemarin. (18/9).

Meskipun kegiatan ini adalah forum sosialisasi Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, akan tetapi muncul juga harapan dan aspirasi masyarakat terkait banyak hal, baik itu masalah infrastruktur, masalah ekonomi dan pendidikan, merespon hal tersebut Yadi tetap menaggapi keluhan yang disampaikan masyarakat dan berjanji akan menyampaikan langsung ke pemerintah daerah atau pusat.

’’ Hal-hal yang sifatnya eksekutorial adalah ranah eksekutif dalam hal ini pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” kata H. Yadi saat di wawancara usai kegiatan.

Oleh karena itu, pihaknya berjanji untuk selalu menyampaikan hal-hal yang menjadi harapan dan kebutuhan warga kepada pihak-pihak yang berkompeten.

“Kami menghimbau agar setiap warga masyarakat terlibat aktif dalam mengawasi kerawanan sosial yang ada di masyarakat, mulai dari bahaya penyebaran narkoba sampai ancaman terorisme dan hasutan-hasutan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” pungkasnya. (adv/yul/yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan