Marquez Terjatuh, Maverick Vinales Jawara MotoGP Phillip Island

AUSTRALIA – Secara mengejutkan Maverick Vinales dapat meraih podium pertama di Sirkuit Phillip Island, Australia, Minggu (28/10) siang. Keberhasilannya tidak terlepas dari kecelakaan yang menimpa Marc Marquez dan Johann Zarco.

Persaingan ketat sudah terjadi sejak lap pertama. Danilo Petrucci langsung menyodok dari belakang hingga menempati posisi terdepan.

Namun sayangnya hal tersebut tidak berlangsung lama. Sebab dengan mudahnya, Marquez langsung mengambil alih posisi pertama.

Tapi dominasi Marquez tidak dibiarkan begitu saja oleh Andrea Dovizioso. Dia mulai mengikuti di belakangnya. Tidak ketinggalan Vinales turut ikut dalam persaingan dua pembalap tersebut.

Sayangnya The Baby Alien tidak dapat melanjutkan duel sengit dalam memperebutkan posisi pertama. Sebab pada lap kelima, dia terlibat kontak dengan Johann Zarco sehingga kecelakaan.

Marquez yang berada sejajar dengan Zarco mampu menyalipnya. Namun sayang, posisi Marquez berada tepat di titik pengereman Zarco sebelum keduanya memasuki area tikungan.

Alhasil Zarco menabrak bagian belakang motor Marquez dan dia langsung jatuh terpental. Marquez sendiri dapat stabil dan mengendalikan motornya yang rusak. Akan tetapi dia terpaksa keluar dari balapan.

Dengan tersingkirnya Marquez, maka persaingan sepenuhnya menjadi milik Dovizioso dan Vinales. Di penghujung lap, persaingan perebutan posisi pertama makin panas. Namun Vinales dapat terlebih dahulu mengunci kemenangan dengan waktu 40 menit 51.081 detik. Disusul kemudian oleh Andrea Iannone di posisi kedua dan Dovizioso di urutan ketiga.
Bagi tim Yamaha, ini merupakan kemenangan perdana yang baru diraih lagi sejak 25 lomba terakhir.

Sementara, Marquez pun sudah memaafkan kesalahan lawannya.

“Saya merasa sangat beruntung hari ini karena kami berdua baik-baik saja. Itu hal pertama yang terpenting,” ucapnya dikutip dari Crash.

“Jujur, saya sangat marah karena merasa ada seseorang yang menabrak dari belakang. Ketika saya tiba di pit, saya melihat videonya. Tapi sekarang saya mengerti bahwa yang terjadi murni karena insiden balapan, bukan kesalahan siapapun,” tambahnya.

Zarco sendiri sudah melontarkan permintaan maaf. Ia bersyukur selamat dari cedera. (mat/JPC)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan