Mampu Tingkatkan Kinerja Pegawai

BANDUNG – Kegiatan Halal Bihalal diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Jawa Barat setelah masa libur Lebaran 2018. Untuk mempererat tali silaturahim, seluruh komponen karyawan serta mantan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang pernah bekerja di Dispusipda pun hadir dalam kegiatan tersebut.

Kepala Dispusipda Jawa Barat, Taufiq Budi Santoso menilai silaturahim antar sesama manusia penting dilakukan untuk mengamalkan ukhuwah islamiah setelah memperingati Hari Raya Idul Fitri. Dirinya juga berharap kegiatan tersebut bisa semakin meningkatkan kinerja semua pihak di Dispusipda Jawa Barat.

”Mari kita bangun kebersamaan dengan acara seperti ini dan kita jadikan upaya untuk bisa bekerja lebih baik lagi,” kata Taufiq usai kegiatan Halal Bihalal di Kantor Dispusipda Jawa Barat, Kota Bandung (25/06).

Dikatakan Taufiq, Dispusipda Jawa Barat saat ini tengah mengembangkan minat baca dengan cara memperbanyak akses masyarakat terhadap perpustakaan. Setiap pekan, Dispusipda mengadakan kegiatan perpustakaan keliling ke empat wilayah di Jawa Barat, di antaranya Bogor, Garut, Purwakarta dan Cirebon.

”Termasuk di Bandung sendiri karena di Bandung ini ada tempat yang khusus dan selalu ada setiap Car Free Day (CFD),” kata dia.

Selain itu, pihaknya sedang mengembangkan perpustakaan di seluruh Badan Koordinator Wilayah (Bakorwil) sebagai outlet dari perpustakaan yang ada di Gedung Dispusipda Jawa Barat. Kerja sama dengan seluruh kabupaten/kota juga dilakukan agar setiap daerah memiliki perpustakaan yang mumpuni bagi masyarakat.

Kemudian, Dispusipda juga sudah membuat surat edaran yang ditujukan bagi seluruh bupati dan wali kota agar di pusat perbelanjaan dan mall menyediakan taman baca. Selain itu, pihaknya juga menginginkan agar kepala daerah di masing-masing wilayah juga mampu mengembangkan taman baca bagi masyarakat di setiap desa.

”Tidak harus besar, meskipun kecil tapi masyarakat bisa mengetahui tentang ilmu pengetahuan,” kata dia.

Menurutnya, pengembangan program-program tersebut dinilai mampu meningkatkan aksesibilitas masyarakat dalam mengakses perpustakaan. Selain itu, Dispusipda terus memperbaharui teknologi seperti pengembangan e-library agar masyarakat mampu mengakses perpustakaan kapan saja dan tidak terkendala jarak.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan