LSL Rentan Tertular Aids

”Berdasarkan data tahun 2017, Lelaki Seks Lelaki (LSL) itu sampai 705 orang. Mereka itu termasuk yang biasa melakukan seks dengan waria juga,” ungkap Kin saat ditemui di Sekretariat KPA Kota Cimahi.

Namun, dia tidak mengetahui apakah ada perwakilan dari kelompok gay di Kota Cimahi yang terbang ke Bali untuk mengikuti Kontes Gay Nusantara.

Belakangan ini, masyarakat dikagetkan dengan adanya informasi mengenai Kontes Gay Nasional di Bali dan penggerebekan pesta gay di Jakarta. ”Biasanya mereka bergerak secara diam-diam. Kita juga tidak tahu apakah ada atau tidak yang ke sana. Tapi kalau melihat kemungkinan, sepertinya tidak ada,” bebernya.

Dikatakannya, populasi LGBT di Kota Cimahi juga ada yang berasal dari kalangan pelajar. Rata-rata populasi usia LGBT di Kota Cimahi berada dikisaran usia 15-24 tahun.

”Ada juga dari pelajar, tapi tidak banyak. Untuk populasi 15-24 tahun itu persentasenya sekitar 30 persen. Bisa saja menular, tapi kembali lagi ke personalnya masing-masing,” pungkasnya.

Sementara itu di Kabupaten Purwakarta, hingga September 2018, Yayasan Resik menemukan 102 penderita HIV-Aids. Tahun sebelumnya, hingga Desember 2017 yayasan tersebut mencatat 350 penderita. Kumulatif kasus HIV-Aids di Purwakarta hingga kini tercatat sebanyak 452 orang.

”Kasus HIV-AIDS mayoritas berusia produktif, yakni berumur 26-48 tahun. Namun ditemukan pula kasus HIV yang berusia 0-4 tahun, penularan keanak disebabkan adanya penularan dari ibu HIV positif ke bayi melalui persalinan yang normal yang dilahirkan dari ibu yang tertular HIV-Aids,” ujar Direktur Yayasan Resik, Hasanuddin, ditemui di kantor Yayasan Resik, Perumahan Bukit Citara Persada, Desa Mulayameka, Kecamatan Babakancikao, Purwakarta, kemarin (11/10).

Menurutnya, penyebaran HIV-Aids di Kabupaten Purwakarta telah meluas ke 14 wilayah kecamatan. Itu artinya, hampir seluruh wilayah kecamatan di Kabupaten telah ditemukan kasus HIV-Aids.

”Kegiatan pelaksanaan pemeriksaan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan melalui Puskesmas untuk deteksi dini kasus HIV-Aids terus gencar dilakukan selain itu pemberian informasi tentang HIV-Aids terus dilakukan oleh Yayasan Resik. Hampir semua kecamatan di Kabupaten Purwakarta ada kasus HIV-Aids. Bisa saja semua kecamatan ada temuan kasus baru HIV-Aids,” kata Hasanuddin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan