Lansia Dapat Perhatian KPU

CIPARAY – Untuk menyukseskan pelaksanaan pemilihan gubernur (pilgub) Jawa Barat (Jabar) menda­tangi Balai Perlindungan Sosial Tresna Werdha (BPSTW) di Kecamatan Ciparay Kabupa­ten Bandung, untuk melaku­kan pencocokan dan peneli­tian (Coklit).

Ketua KPU Kabupaten Bandung, Agus Hasbi Noor men­gatakan, pihaknya melakukan ini untuk mengetahui kondisi di panti sosial Sekaligus meli­hat peta kondisi pemilih.

Menurutnya, para lansia yang ada di panti sosial ini walau pun ingatannya sudah berku­rang namun tetap memiliki hak pilih. Sedangkan, bagi lansia yang tidak memiliki hak pilih harus ada keterangan dari dokterbahwa yang berada di panti ini ingatannya terganggu.

Agus pun mengungkapkan, para lansia yang ada disini, sebanyak 100 orang lebih. Namun, katanya, bukan hanya panti sosial ini saja yang dila­kukan coklit, namun panti sosial yang berada di wilayah Baleendah dan milik swasta pun dilakukan pencoklitan.

’’Selain para lansia, ada juga warga yang di rumah sakit, Lapas, rutan dan tempat-tempat yang spesifik seperti yang menjadi target Coklit secara khusus,’’ jelas Agus ketika ditemui kemarin (16/2).

Dirinya menilai, adanya warga khusus ini sebetulnya harus dicermati sebagai pen­ghuni titipan, dari daerah lain. Bahkan, untuk beberapa ka­sus domisi ada pihak kelu­arga yang justru tidak menge­tahui keberadaan anggotanya.

Selain itu, untuk target un­tuk pencoklitan maksimal sampai 18 februari. Sehingga,para pemilih lansia ini pun akan di sosialisasikan terle­bih dulu terkait pemilihan calon gubernur.

Dia pun mengaku, karena hal ini baru ditetapkan pada malam tadi, dan di putuskan calon gubernurnya, maka petugas KPU Kabupaten Bandung bisa melakukan so­sialisasi kepada masyarakat secara berjenjang.

Agus menambahkan, dalam Coklit pihaknya banyak me­nemukan Selain wrga yang sudah pindah tempat. Akan tetapi, tidak pernah ngurus surat kepindahan. Bahkan, ada juga masyarakat sudah meninggal dunia namun kelu­arganya tidak pernah mela­porkan secara resmi.

Agus menambahkan, untuk kebutuhan Tempat Pemun­gutan Suara (TPS) biasanya pemilih harus ikut ke TPS yang terdekat. Namun, bila tidak memungkinkan petugas TPS bisa mendatangi panti.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan