Lalai Jadi Sebab Utama Kecelakaan

COBLONG – Untuk memi­nimalisir terjadinya kecelaka­an berlalu lintas Dinas Komu­nikasi dan Informasi (Disko­minfo) Kota Bandung ber­sama Bloomberg Philanthro­pies Initiative for Global Road Safety (BIGRS) menggelar peringatan Hari Korban Ta­brakan Lalu Lintas Sedunia atau World Day of Remem­brance for Road Traffic Victims di kawasan Car Free Day Dago pada Minggu, (18/11)

Kepala Diskominfo Kota Bandung Ahyani Raksanagara, peringatan Hari Korban Tabra­kan Lalu Lintas Sedunia dia­dakan untuk memberikan peringatan serta pemahamaan kepada masyarakat khususnya para pengguna jalan untuk memenuhi kewajiban dan haknya agar selamat di jalan.

Menurutnya, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah kota Bandung untuk memini­malisir faktor terjadinya ke­celakaan lalulintas dengan melakukan perbaikan prasara­na jalan, menegakkan aturan dan disiplin berlalulintas. Namun, adakalanya faktor manusia sen­diri yang menjadi penyebab terjadi kecelakaan di jalan raya.

’’Untuk itu, sebelum ber­kendara kondisi fisik serta kendaraan harus siap, jangan sampai karena kele­lahan maka berakibat ke­lalaian,” jelas Ahyani.

Sementara itu, Kasubnit I Lakalantas Polrestabes Bandung Iptu Angga Ra­hardiman mengungkapkan, untuk mengurantgi angka kecelakaan perlu digencar­kan sosialisasi mengenai keselamatan berkendara secara terus menerus.

Dia menilai, penyebab kecelakaan sebetulnya ada tiga faktor di antaranya, faktor manusianya, Kon­disi kendaraan, dan keada­an infrastruktur. Namun, kecelakaan terjadi mayo­ritas karena faktor manusia.

“Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memini­malisir kecelakaan dianta­ranya, memastikan ken­daraan layak dan kendar­aan dicek secara rutin, dan persiapan fisik sebelum melakukan perjalanan,” kata dia.

Menurutnya, berdasarkan buku Bandung Road Safety Annual Report 2017, jumlah tabrakan di jalan raya Kota Bandung terjadi sebanyak 501 kasus, dan 127 orang di antaranya meninggal dunia, serta 38 Iainnya luka berat. Bahkan, sekitar 57 persen melibatkan peng­guna sepeda motor dengan rentang usia 15 hingga 24 tahun. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan