Lakukan Rotasi dan Mutasi PNS untuk Tingkatkan Kinerja

SOREANG – Untuk meningkatkan kinerja dan menambah kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Bupati Bandung Dadang M. Naser melakukan rotasi dan mutasi dengan mengangkat sumpah jabatan kepada 575 PNS dilingkungan Pemkab Bandung.

Dia menyebutkan, 575 PNS yang dilantik terdiri dari 393 kepala sekolah, 166 guru, 5 bidan, 10 perawat ahli dan 1 instruktur.
Menurutnya, rotasi dan mutasi merupakan hal yang biasa dalam sebuah organisasi birokrasi. Dengan adanya pelantikan tersebut diharapkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Bandung dapat terus meningkat.

“Rotasi dan mutasi ini merupakan suatu sistem yang harus dilalui oleh PNS. Untuk pelantikan hari ini di dominasi oleh bidang pendidikan, yakni guru yang diberi amanah menjadi kepala sekolah,” ungkanya.

Bupati berpendapat, pendidikan memiliki peran penting dalam pembangunan sebuah negara. Dengan banyaknya guru yang dilantik, daya saing daerah khususnya dibidang SDM harus terus meningkat.

“Dalam dunia pendidikan, guru memiliki posisi yang sangat strategis khususnya dalam bidang pembangunan SDM. Selain itu, sekolah juga merupakan tempat untuk mencetak kader-kader bangsa dimasa yang akan datang,” imbuhnya.

Tidak hanya bidang pendidikan, Dadang juga melantik beberapa orang dari bidang kesehatan. Bupati berharap dengan adanya pelantikan tersebut Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Bandung semakin meningkat.

“Sesuai dengan kesepakatan dunia melalui badan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa), penilaian kualitas pembangunan sebuah negara dilihat dari IPM (Indeks Pembangunan Manusia) negara itu sendiri. Dengan adanya pelantikan ini diharapkan dapat mendukung indikator penilaian IPM seperti pendidikan, kesehatan dan daya beli,” tegas Dadang

Hal yang sama dikatakan H.Juhana Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bandung. menurutnya, dalam pelantikan kepala TK dan SD sebanyak itu untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Bandung

“Didalam pelantikan, pasti ada rotasi, promosi dan mutasi. Dengan adanya pelantikan diharapkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan di kabupaten Bandung secara menyuluruh,” kata dia.

Juhana menambahkan, bagi para guru yang menempati posisi barunya harus dapat segera beradaptasi dan memberikan kontribusinya untuk pendidikan. Sehingga, kualitas pendidikan di Kabupaten merata sampai pelosok daerah.

’’Jadi untuk para guru saya berpesan untuk memberikan pengabdian kepada dunia pendidikan secara sungguh-sungguh,”tutup Juhana. (rus/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan