KPK Bidik Tersangka Baru

KPK tidak hanya menda­lami perkara administrasi perizinan Meikarta. Namun, diakui Febri, KPK juga me­mastikan sejumlah pihak agar tidak dirugikan.

Hingga saat ini, KPK telah menetapkan sembilan ter­sangka dalam kasus tersebut. Di antaranya, masing-masing Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin, Direktur Operasional Lippo Group Billy Sindoro, dua konsultan Lippo Group Taryadi dan Fitra Djaja Pur­nama, serta pegawai Lippo Group Henry Jasmen.

Kemudian, tersangka lain yang merupakan pejabat Pe­merintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi di antaranya Kepala Dinas PUPR Jamaludin, Ke­pala Dinas Pemadam Keba­karan Sahat M Nahor, Kepala Dinas PMPTSP Dewi Trisna­wati, dan Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Neneng Rahmi.

KPK menjelaskan, Neneng Hasanah Yasin diduga me­nerima dana suap sebesar Rp7 miliar, dari yang dijan­jikan Rp13 miliar, dari Billy Sindoro dkk. Dugaan suap tersebut berkaitan dengan izin pembangunan proyek Meikarta seluas 774 hektar. Suap tersebut diduga dibe­rikan dalam sejumlah tahap yang dilakukan pada April hingga Juni 2018. Dana ter­sebut disalurkan melalui sejumlah pejabat Pemkab Bekasi. (riz/fin/ful/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan