Konsen Semangati Mahasiswa Berwirausaha

“SAMPAIKANLAH walaupun satu ayat”. Itulah filosopis langkah-lang­kah kecil yang dilakukan Budiyanto selama ini. Mantan Ketua Umum BEM Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB periode 2000-2001 ini kini konsen keliling ke beberapa kampus di Jawa Barat, Banten dan Jawa Timur.

Budiyanto selalu aktif menghadiri undangan para mahasiswa un­tuk menjadi narasumber seminar kewirausahaan mahasiswa dengan mengusung jargon “Menjadi Pen­gusaha sebelum Sarjana”.

Di balik segala kesibukan aktivitas­nya sebagai pengusaha dan politisi lokal, Budiyanto meluangkan wak­tunya untuk berbagi ilmu organisasi khususnya di bidang kewirausahaan yang selama ini dia geluti.

Beberapa kali mengisi seminar kewirausahaan di Universitas Sin­gaperbangsa Karawang, Universi­tas Negeri Jakarta, Sekolah Tinggi Pelita Bangsa Cikarang Bekasi, STIE Syariah Purwakarta, Universitas Kanjuruhan Malang Jawa Timur dan Universitas Achmad Dahlan Jogjakarta.

Terbaru, Budiyanto mengisi seba­gai narasumber dalam HMMI Festi­val di Kampus Universitas Djuanda Bogor pada 19 Februari 2018. Pada Jumat 9 Maret 2018 ia menghadiri undangan di Kampus Universitas Singaperbangsa Karawang. Di­lanjutkan, Selasa 20 Maret 2018 di Kampus Universitas Pamulang Tangerang Selatan Banten.

Kedua acara tersebut diselengga­rakan atas peran serta para pengu­rus Himpunan Mahasiswa Manage­men yang berharap mendapatkan banyak informasi tentang strategi membangun usaha dengan lang­kah-langkah taktis dan praktis.

“Dimulai dari langkah nol kilome­ter, dengan bermodalkan ilmu dan pengetahuan sebagai masyarakat intelektual, kerja keras dan kerja cerdas yakin bahwa jika serius mahasiswa bisa lebih awal menjadi pengusaha sekali pun belum berge­lar sarjana,” kata Budiyanto.

Dua hari kemudian, Kamis 22 Maret 2018, Budiyanto langsung terbang menghadiri undangan mahasiwa Kampus Universitas Nusantara PGRI Kediri Jawa Timur dan Sabtu 24 Maret 2018 di Kampus Universitas Muhammadiyah Ma­lang Kota Malang Jawa Timur.

Adapun materi yang disampai­kan hampir sama yaitu memberi­kan informasi dan memotivasi mahasiswa Indonesia agar lebih mandiri sejak menjadi mahasiswa dan diharapkan telah melakukan kegiatan usaha semasa kuliah dan mendirikan perusahaan sebelum menjadi sarjana.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan