Kodam Pamer Alutsista

BANDUNG – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Jawa Barat diisi dengan rangkaian kegiatan pameran. Alat utama sistem pertahanan (Alutsista) yang digagas Kodam III/Siliwangi untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pertahanan dan persenjataan Indonesia.

Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Besar Harto Karyawan mengatakan, pihaknya ingin semakin mengenalkan kepada masyarakat dan juga para pelajar di Jawa Barat untuk lebih mengenal TNI melalui pameran Alutsista. Dengan begitu, para pelajar dan masyarakat akan semakin memiliki kebanggaan jika Indonesia memiliki pertahanan yang sangat baik.

”Kita mempunyai tentara yang kuat untuk bisa menjaga negeri dari ancaman orang-orang yang tidak bertanggung jawab maupun terhadap kemungkinan invasi dari luar negeri,” kata Besar di Bandung, kemarin (5/10).

Diungkapkan dia, ketika masyarakat dan pelajar mengetahui berbagai Alutsista yang dimiliki TNI diharapkan akan menumbuhkan rasa kecintaan maupun nasionalisme kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Menurut Harto, para pelajar yang memiliki cita-cita dan inginmenjadi bagian TNI pun bisa mendapat informasi dalam kegiatan tersebut.

”Yang ingin masuk TNI pun bisa menanyakan langsung nanti dijelaskan bagaimana masuk TNI, bagaimana persiapannya. Sehingga dia lulus dan terpilih menjadi prajurit TNI,” kata dia.

Namun, Harto juga tidak menampik jika dalam peringatan HUT ke-73 terdapat sejumlah aspek yang perlu dilakukan evaluasi, yakni TNI harus lebih mawas diri dan juga terus meningkatkan implementasi profesionalisme. Menurut Harto, apa yang dikerjakan serta dilakukan TNI harus berdasarkan kepentingan rakyat.

”Apa yang sudah ada dan kepercayaan yang diberikan negara terhadap Alutsista, kita harus bisa pelihara dan jaga serta harus bisa digunakan sebaik-baiknya,” kata dia.

Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari mulai 5 hingga 7 Oktober 2018 tidak hanya digelar di Kota Bandung. Pameran tersebut pun dilakukan secara serentak khsusunya di seluruh jajaran Kodam di Indonesia.

Di tempat sama, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberi apresiasi terhadap jajaran TNI khususnya Kodam III/Siliwangi. Dirinya bangga karena saat ini tingkat kepercayaan masyarakat terhadap TNI cukup tinggi. Capaian yang diraih tersebut menandakan TNI semakin profesional dalam mengemban tugas bagi negara maupun masyarakat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan