KNPI Kota Bandung Ajak Pemuda Mengenang dan Melanjutkan Perjuangan Para Pahlawan

BANDUNG – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bandung mengajak para pemuda agar senantiasa mendoakan pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan. Selain itu, sebagai penerus bangsa, kaum muda juga harus mampu meneruskan perjuangan para pahlawan di tengah perkembangan zaman.

Ketua KNPI Kota Bandung, Hendra Guntara mengungkapkan, kemerdekaan Indonesia tidak dapat dilepaskan dari kontribusi para pahlawan, baik yang tercatat maupun tidak tercatat dalam sejarah. Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia harus dimanfaatkan para pemuda dengan memberikan kontribusi untuk kemajuan Indonesia ke depan.

“Perjuangan para pahlawan harus dilanjutkan dengan cara merawat dan mempertahankan kemerdekaan,” kata Hendra di Bandung (17/8).

Dikatakan dia, kemerdekaan Indonesia yang ditetapkan pada 1945 didapat karena adanya perjuangan keras dari para pahlawan selama bertahun-tahun. Bahkan, sudah tidak terhitung nyawa pahlawan yang gugur selema proses merebut kemerdekaan dari penjajah.

“Pejuang bangsa yang berasal dari multietnis, golongan, agama bahkan latar belakang sosial bahu membahu demi terploklamasikannya kemerdekaan republik ini,” kata dia.

Maka dari itu, pria yang karib disapa Hegun tersebut mengajak generasi muda untuk selalu mendoakan para pahlawan. Pasalnya, HUT ke-73 Indonesia saat ini adalah momentum yang tepat dalam mengenang jasa mereka.

Menurutnya, momen-momen sejarah seperti peringatan hari kemerdekaan adalah sebuah refleksi bagi para kaum muda untuk senantiasa mempelajari nilai-nilai perjuangan yang telah diwariskan para pendahulu bangsa.

“Patutlah kita mengenang jasa para pahlawan yang rela mengorbankan jiwa dan raga untuk memerdekan bangsa ini dari cengkraman para penjajah,” kata dia.

Untuk menghormati jasa pahlawan, KNPI Kota Bandung juga telah melakukan kegiatan ziarah kubur di makam para pahlawan Kota Bandung. Tentunya, hal tersebut juga untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan dengan berbagai pengorbanan.

“Tadi malam kami ziarah kubur, tabur bunga dan membacakan doa. Tanpa mereka, Bandung tidak akan seperti ini, maka sudah selayaknya pemuda dan masyarakat Indonesia berterima kasih kepada para pahlawan,” kata dia. (mg1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan