Kirim 340 Atlet untuk Mengikuti Porda

CIMAHI– Kota Cimahi siap mengikuti ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) ke- XIII Jawa Barat yang akan diselenggarakan di Bogor pada oktober mendatang.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Cimahi Trenggono mengatakan, dalam helatan tersebut, Cimahi akan mengirimkan sebanyak 340 atlet untuk mengikuti sebanyak 36 pertandingan dari 41 Cabang Olahraga (Cabor) yang dipertandingkan.

“Atlet kita ada 340, pelatih 74, manager 35. Itu jumlah kontingen yang cukup besar,” katanya, disela-sela acara Rapat Koordinasi dan Konsultasi di Aula Gedung B Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Minggu (1/7).

Menurut Trenggono, secara keseluruhan para atlet asal Cimahi siap untuk bertanding. Pasalnya, persiapan dan pelatihan sudah dilakukan semaksimal mungkin. Meski tak ada Training Center (TC) khusus, dirinya tetap optimis para atlet Cimahi mampu berprestasi pada Porda nanti.

Trenggono mengaku, persiapan dilakukan dengan latihan diintensifkan. Meski diakuinya, saat ini para atlet masih terkendala oleh fasilitas latihan. Bahkan, ada beberapa Cabor, seperti dayung dan gulat yang terpaksa harus menggunakan fasilitas di luar Kota Cimahi untuk tempat berlatih.

“Tetap semaksimal mungkin kita dorong agar seluruh atlet tetap melakukan latihan. Kita memang terbatas (tempat latihan), tapi dimaksimalkan di tempat yang ada,” ujarnya.

Trenggono menuturkan, pada Porda 2018 yang akan berlangsung di Kabupaten Bogor. Yang akan diikuti 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat ini, pihaknya menargetkan perolehan 12 medali emas.

“Cimahi menargetkan para atlet setidaknya bisa membawa sekita 12 medali emas. Dan itu tanggung jawab kita,” tuturnya.

Ternggono menjelaskan, keinginan memperoleh 12 medali emas tersebut bukan keinginan yang terlalu muluk. Sebab ada sejumlah Cabor yang memang berpotensi untuk mendapatkan medali emas.

“Kita punya tinju, taekwondo, tarung derajat, catur, dayung dan panahan. Di beberapa Cabor itu kita yakin punya kans,” ucapnya.

Jika target medali emas itu terealisasi, maka KONI Kota Cimahi berharap Cimahi berada di posisi 15 besar pada klasmen akhir Porda 2018, dari 27 kabupaten/kota. “Porda dulu kita ranki 22, dengan 5 (lima) medali emas. Sekarang target 15 besar,” pungkasnya. (ziz/yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan