Kido Berikan Motivasi bagi Minions

 JAKARTA- Mantan pemain ganda putra Indonesia Markis Kido mengaku terus mengik­uti perkembangan Kevin San­jaya Sukamuljo/Marcus Fer­naldi Gideon. Diproyeksi meraih gelar juara di Olim­piade Tokyo 2020, Kido punya wejangan sendiri untuk The Minions.

Punya pengalaman meraih gelar juara Olimpiade Beijing 2008, Kido menilai bahwa salah satu faktor paling pen­ting yang tidak boleh hinggap adalah kejenuhan. Rasa jenuh, kata Kido, bisa menyerang jika pemain terlalu sering mengikuti turnamen dalam setahun.

Seperti diketahui, saat ini federasi bulu tangkis dunia (BWF) memberlakukan atu­ran bahwa pebulu tangkis bintang yang masuk dalam ja­jaran top 10 dunia harus wa­jib mengikuti 12 tunamen yang digelar. Aturan ini sudah ter­bukti membuat para atlet jempolan kelelahan. Beber­apa dari mereka bahkan sam­pai diserang cedera.

Agar bisa mempersiapkan diri dengan baik sebelum mentas di Tokyo, Kido me­nyarankan agar The Minions tidak terlalu mengikuti ba­nyak turnamen di tahun 2019.

“Mungkin pertandingan untuk Kevin/Marcus jika su­dah mendekati Olimpiade jangan terlalu banyak, agar mereka nggak jenuh dan lelah,” kata Kido, kemarin.

Kido menilai, dari pengala­mannya bersama Hendra Setiawan di Beijing, ini adalah cara paling efektif dalam mem­persiapkan diri. Waktu itu, Kido menceritakan, Hendra dan dirinya juga mengurangi jumlah turnamen yang me­reka ikuti setahun sebelum Olimpiade bergulir.

“Jadi lebih banyak mempersiapkan diri di pelatnas. Karena gelar-gelar turnamen tahu­nan kan sudah dapat, jadi tinggal fokus yang penting-penting saja,” tutupnya. (isa/JPC)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan