Dipersiapkan jadi Geopark Nasional

NGAMPRAH– Dinas Kebu­dayaan dan Pariwisata Ka­bupaten Bandung Barat memastikan objek wisata alam Stone Garden dan Guha Pawon di Kecamatan Cipatat dipersiapkan men­jadi Geopark Nasional dan UNESCO Global Geopark. Hal ini sudah dituangkan dalam nota kesepahaman antara Pemkab Bandung Barat dan Pemerintah Pro­vinsi Jawa Barat. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata KBB Sri Dustirawati di Ngam­prah, kemarin.

Dia menjelaskan, Geopark di Bandung Barat merupakan salah satu dari 5 objek wi­sata alam yang dipersiapkan jadi Geopark Nasional. Ke­empat geopark lainnya ada di Kabupaten Bogor, Suka­bumi, Tasikmalaya, dan Pangandaran.

“Kedua objek wisata alam ini (Guha Pawon dan Stone Garden) memiliki bentukan alam yang memiliki nilai sejarah dan cukup menarik banyak wisatawan baik da­ri dalam maupun luar daerah. Sehingga sangat pas jika ditetapkan menjadi geopark nasional,” katanya.

Dia menuturkan, ada be­berapa kategori Geopark Nasional, di antaranya geo­logi dan bentang alam yang meliputi kawasan, geokon­servasi, serta warisan geo­logi dan budaya. Selain itu, kawasan itu memiliki po­tensi wisata dan bisa mem­berdayakan perekonomian masyarakat sekitar secara berkelanjutan.

Sementara kategori UNES­CO Global Geopark, di an­taranya harus merupakan situs dan bentang alam yang memiliki signifikansi geo­logi secara internasional yang dikelola dengan kon­sep holistik perlindungan, penelitian, pendidikan, dan pengembangan berkelanju­tan. Global Geopark juga harus memiliki perbatasan yang jelas, ukuran yang me­madai, dan memiliki wari­san geologi bersignifikansi internasional.

Sejauh ini, geopark yang berlokasi di Desa Gunung­masigit, Kecamatan Cipatat itu sudah ramai dikunjungi para wisatawan. Bahkan, sejumlah swafoto pengun­jung di kawasan itu sudah banyak tersebar di media sosial.

“Saat ini, objek wisata ini dikelola juga oleh kelompok sadar wisata masyarakat se­tempat. Apalagi, sebagian lahannya memang merupakan milik masyarakat,” ujarnya.

Sri mengungkapkan, status lahan yang tidak sepenuhnya milik pemerintah daerah itu memang menjadi salah satu kendala pengembangan ob­jek wisata tersebut. Namun, hal itu tidak akan mengham­bat persiapan Stone Garden dan Guha Pawon menjadi Geopark Nasional.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan