Kandidat Pemain Terbaik FIFA 2018 Dirilis, Tak Ada Nama Neymar

FIFA secara resmi merilis 10 nama yang masuk dalam nomine Pemain Terbaik FIFA untuk 2018. Dari daftar itu, kejutan muncul lantaran tak ada nama Neymar, bintang Brasil dan Paris Saint-Germain. Padahal, pada tahun lalu, Neymar masuk dalam tiga kandidat. Neymar berada di posisi ketiga di bawah Cristiano Ronaldo yang berhak atas predikat Pemain Terbaik FIFA 2017, dan Lionel Messi.

Ronaldo yang kini berkostum Juventus kembali masuk dalam nomine. Kapten Timnas Portugal itu merupakan pemenang dua edisi beruntun yakni 2016 dan 2017. Portugal memang hanya mentok di 16 besar Piala Dunia 2018. Namun, bersama Real Madrid, klub sebelumnya, dia berperan mengantarkan meraih trofi Liga Champions 2017-2018. Andai kembali menang, dia akan menciptakan sejarah.

Selain Ronaldo, Lionel Messi juga masuk nomine. Meski Timnas Argentina hanya sampai babak 16 besar di Piala Dunia 2018, pencapaiannya bersama Barcelona sangat menawan. Messi membawa Blaugrana juara La Liga 2017-2018.

Sementara itu, keberhasilan Prancis menjuarai Piala Dunia 2018 membuat pemainnya mendominasi daftar nomine. Ada tiga pemain yakni bintang muda Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, dan bek Raphael Varane. Mbappe punya kans besar lantaran tampil apik di Piala Dunia 2018. Di final, dia mencetak satu gol. Mbappe pun terpilih sebagai Pemain Muda Terbaik.

Bintang-bintang yang bermain di Piala Dunia 2018 memang mendominasi daftar 10 nomine Pemain Terbaik FIFA tahun ini. Selain Ronaldo, Messi, dan trio Prancis (Mbappe, Griezmann, Varane), ada Kevin De Bruyne dan Eden Hazard (Belgia), Harry Kane (Inggris), Luka Modric (Kroasia), dan Mohamed Salah (Mesir). Modric juga punya peluang besar meraihnya karena terpilih sebagai Pemain Terbaik di Piala Dunia 2018 dan berhak atas Golden Ball.

Selain pemain, kandidat pelatih juga dirilis. Di antaranya Didier Deschamps yang mengantarkan Prancis menjuarai Piala Dunia 2018. Dia merupakan sosok ketiga yang meraih juara Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih setelah Mario Zagallo dan Franz Beckenbauer. Kemudian pelatih Kroasia, Zlatko Dalic, juru racik Real Madrid, Zinedine Zidane, pelatih Belgia, Roberto Martinez, dan pelatih Inggris, Gareth Southgate.

Selain kategori pria, juga dirilis untuk pesepak bola putri. Di antaranya Lucy Bronze (Inggris), Pernille Harder (Denmark), dan Amandine Henry (Prancis).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan