Kalah Postur, Tak Usah Minder

JAKARTA – Timnas Indonesia U-23 sudah mempersiapkan taktik untuk menghadapi Uni Emirat Arab (UEA). Rencananya pertandingan 16 besar sepakbola Asian Games 2018 ini akan dihelat di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, hari ini (24/8).

Taktik yang dipersiapkan pelatih Timnas U-23, Luis Milla, selain teknik menjaga gempuran dan serangan ke kandang lawan, juga mempersiapkan bila nantinya harus berhadapan dengan adu penalti.

Asisten pelatih Timnas Indonesia U-23, Bima Sakti, membenarkan pihaknya telah melakukan berbagai latihan salahsatunya adu penalti. ”Kami melakukan sesi adu penalti dalam sesi latihan terakhir pada hari ini. Semua kami persiapkan untuk mengantisipasi situasi di dalam pertandingan nanti,” ujar Bima Sakti.

Timnas Indonesia U-23 dipastikan akan memperlihatkan kekuatan terbaik saat menghadapi UEA dengan komposisi 11 pemain utama yang sama seperti saat Tim Garuda Muda menang 4-0 atas Chinese Taipei dan 3-1 atas Hong Kong.

Bahkan menurut Bima, tidak menutup kemungkinan bakal tetap memainkan strategi yang sama alias copy paste dengan saat menghajar Hong Kong 3-1 pada 19 Agustus lalu di Bekasi.

”Mainnya, ya, hampir sama saat melawan Hong Kong karena mereka juga punya pemain yang relatif tinggi-tinggi,” ujarnya.

Disinggung apakah akan ada rotasi pemain. Bima belum bisa memastikan hal itu, alasannya dia ingin melihat sejauh mana kondisi pemain-pemain yang menjadi starter dalam laga di Patriot, pekan lalu.

”Untuk rotasai, kami lihat dulu bagaimana dulu kondisi pemain kami. Masih ada satu latihan lagi besok,” tegasnya.

Sementara berkait dengan kehawatiran, Evan Dimas dan kawan-kawan akan kalah postur saat menghadapi pemain UEA. Hal itu dibantah Evan Dimas, menurutnya postur tidak menjadi penentu siapa tim yang bakal menang di laga nanti. Dia menegaskan, kepercayaan diri Timnas U-23 juga bisa jadi faktor yang menentukan hasil pertandingan.

”Tidak masalah (soal postur). Main bola kan 11 orang. Kita main bola, bukan berantem, jadi gak masalah. Meski kita postur kecil, tidak usah minder,” ujar Evan Dimas usai sesi latihan di Lapangan ABC Gelora Bung Karno (GBK), kemarin (23/8).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan