Jujur dan Disiplin Jadi Penekanan Belajar

BANDUNG – SMAN 26 Kota Bandung punya cara tersendiri untuk memupuk karakter siswa- siswinya dengan program-program unggulannya.

Kepala Sekolah SMAN 26, H. Solihin mengatakan, untuk pengembangan karakter, pihaknya mengingkan agar seluruh siswa memiliki sikap jujur, bersih dan disiplin.

Menurutnya, karakter tersebut, sudah tertuang pada program sekolah yaitu dengan membuat penguatan pendidikan karakter dan literasi sebagai upaya mewujudkan visi.

“Kami mengingkan terwujud sekolah yang unggul dalam budaya, bahasa dan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta berwawasan lingkungan dengan berlandaskan iman dan taqwa,’’jelas Solihin ketika ditemui di ruang kerjanya belum lama ini.

Dia mengaskan kepada seluruh guru harus memberikan keteladan dengan sikap disiplin kepada para siswa. Sehigga, siswa akan mencontoh apa yang dilakukan para guru.

Selain memberikan ilmu, seorang guru juga harus bisa memberikan pelayanan pendidikan kepada seluruh siswa. Sebab, jabatan guru merupakan amanah untuk melayani dan emmberikan ilmu di sekolah.

Solihin mengatakan, sebagai kepala sekolah pihaknya selalu menampung aspirasi. baik itu dari guru ataupun orang tua siswa. Sehingga, keinginan dari para guru dan siswa akan terakomodir dengan mewujudkan kualitas pendidikan yang baik.

’’ Jadi targetnya para siswa nantinya bila lulus sudah memiliki bekal dengan karakter yang mulia,”ucap dia.

Dia berharap, pendidikan karakter yang diterapkan disekolah bukan hanya slogan semata. Namun, bisa diterapkan dalam kehidupan sehari- hari.

’’Salah satu contohnya adalah, setiap pulang sekolah para siswa diwajibkan memungut lima sampah. Kemudian juga kita punya kantin kejujuran, malah untuk meningkatkan kedisiplinan bagi siswa yg telat maka tridak boleh masuk kelas,’’ucap dia.

Solihin menambahkan, SMAN 26 selama berdiri sudah banyak prestasi yang diraih di antaranya menjuarai Lomba Kreasi Baris Berbaris (LKBB) wukuf sebagai juara utama ketiga tingkat Nasional 2018, Juara I Lomba puisi islam tingkat kota Bandung 2018.

’’Untuk kegiatan ekstrakulikuler kami memiliki kegiatan olah raga hoki yang pernah menjadi juara tingkat nasional,’’pungkas Solihin. (mg3/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan