Jokowi Gandeng Ma’ruf Amin

JAKARTA – Teka-teki siapa cawapres Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019 akhirnya terkuak. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu dengan resmi menyatakan maju lagi sebagai calon presiden untuk periode kedua. Pada periode ini Jokowi menggandeng Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin sebagai cawapres.

Pernyataan itu diungkapkan langsung Jokowi usai menggelar pertemuan tertutup dengan sembilan partai pendukung di Restoran Pelataran, bilangan Teuku Umar, Jakarta Pusat, kemarin (9/8) petang. ”Setelah mendengar masukan dari seluruh elemen masyarakat, saya memutuskan Prof. DR KH Maruf Amin sebagai cawapres,” ujar Jokowi di hadapan seluruh ketua umum parpol pendukung.

Dipilihnya sosok KH Maruf Amin, menurut Jokowi karena akan saling melengkapi. ”Menurut saya, kami ini saling melengkapi. Nasionalis religius,” imbuh Jokowi.

Alasan lainnya sebut Jokowi, Kiai Maruf sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), dia merupakan sosok yang sangat bijaksana dan sudah malang melintang di duunia politik tanah air.

”Beliau adalah tokoh agama yang bijaksana. Beliau pernah duduk sebagai anggota legislatif, DPRD, DPR RI, Wantimpres, Rais Aam PBNU. Dan Dengan kepiawaiannya Kiyai Maruf Amien juga menjadi dewan pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila,” paparnya.

Sebagai informasi, sebelum mengumumkan sosok cawapresnya, Jokowi bersama para petinggi partai pendukungnya menyelenggarakan rapat internal. ”Perlu saya lanjutkan bahwa pada malam hari ini 9 partai koalisi Indonesia kerja sudah bertanda tangan secara utuh,” ujar Jokowi.

Rapat itu dihadiri Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PPP M. Romahurmuziy, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Hadir juga Ketua Umum Partai Perindo Harry Tanoesoedibjo, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, Ketua Umum PSI Grace Natalie, serta Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono. Mereka didampingi oleh sekretaris jenderal masing-masing.

Keputusan ini, memang sangat berbeda dengan rumor yang beredar sejak beberapa hari lalu yang menyebutkan Jokowi bakal menggandeng mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD. Ternyata keputusan itu berubah tiba-tiba.

Meski demikian, sebelum diungkap secara resmi oleh Jokowi, dipilihnya Ma’ruf Amin sebagai cawapres Jokowi sudah diungkap Sekjen PKB Abdul Kadir Karding. ”Rapat antara pak @jokowi dan ketum-ketum, sekjen partai pendukung memutuskan Prof Dr Kh Maruf Amin sebagai calon wapres pak jokowi,” ujar Kardin lewat akun Twitternya @Kadir_Karding, kemarin (9/8).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan