Jangan Coret Rashford-Welbeck

LEEDS – Warning untuk Gareth Southgate. Dia takkan mudah menentukan starting eleven-nya di Piala Dunia 2018. Tak hanya di posisi 1 alias kiper, begitu juga dengan posisi sembilan. Duet 29 menit Marcus Rashford-Danny Welbeck saat Inggris memenangi uji coba pemungkasnya, 2-0 di Elland Road, Leeds, kemarin WIB (8/6) memanaskan bursa duet striker The Three Lions.

Duet ini mampu menjadi pembeda Inggris. Rashford dengan golnya menit ke-13 yang di menit ke-76 diakumulasikan Danny Welbeck. Gol terjadi 15 menit setelah dia mengganti Jamie Vardy. Nah, dari enam laga uji coba sebelum Piala Dunia 2018, baru kali ini gol diciptakan duet lini depan.

So, pilihan Southgate bukan cuma Harry Kane-Jamie Vardy, Kane-Raheem Sterling, atau Vardy-Sterling. Rashford atau Welbeck juga layak. ”Saya hanya butuh bermain lebih bebas, dan menikmati permainan saya sendiri,” begitu kata Rashford mengomentari tekanan berebut posisi  nomor sembilan Inggris di Rusia.

”Saya masih punya kans,” klaim Rashford, kepada The Telegraph. Bagi Rashford ini kali kedua dia diduetkan dengan Welbeck. Duet anak Manchester ini juga pernah terjadi di 17 menit uji coba kontra Nigeria (3/6). Sayang, saat itu tak ada gol dari keduanya. Uniknya gol itu sama-sama jadi gol pertama mereka dalam sembilan bulan terakhir.

Gol terakhir Rashford untuk Inggris di laga lawan Slovakia (5/9), Welbeck kontra Malta, empat hari sebelumnya. ”Marcus bermain dengan kesombongannya yang nyata sebagai pemain nomor sembilan,” puji Southgate, kepada ITV. Rashford tiga kali main sebagai starter dari enam laga uji coba terakhir Kane dkk.

Termasuk dengan Welbeck, striker Manchester United itu sudah tiga kali berganti duet di lini depan. Dia pernah duet dengan Vardy dan Sterling. Total sembilan kolaborasi ujung tombak berbeda yang dijajal Southgate dalam enam laga uji coba terakhir. Meski yang bisa jadi pemain pembeda hanya Rashford, Welback, Kane, dan Vardy.

Southgate punya alasan kenapa dia coba mempertimbangkan Rashford di salah satu opsi lini depannya. Kemampuan Rashford untuk jadi second striker yang dia perlukan. Itu salah satu yang berbeda dari Rashford dengan stok striker Inggris lainnya. ”Perlu kompetisi seperti ini dan saya sudah menemukan spesialis yang kami butuhkan (penopang di belakang striker),” tambah Southgate, kepada BBC Radio 5 Live. (ren/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan