Jangan Buat Wisatawan Kecewa

SOREANG – Memasuki liburan akhir tahun beberapa obyek wisata di kawasan Ciwidey dan Rancabali Kabupaten Bandung diprediksi dibanjiri oleh para pengunjung. Terlebih, liburan sekolah yang bertepatan dengan perayaan pergantian tahun, kemungkinan besar banyak dirayakan oleh masyarakat di tempat-tempat wisata.

Menanggapi kondisi ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung melalui Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Ruli Jaya Permana mengingatkan, untuk menyambut kedatangan wisatawan diharapkan para pelaku wisata dapat memberikan pelayanan maksimal.

Selain itu, keramahan, kenyamanan dan keamanan harus diperhatikan oleh pelaku wisata. Sebab, jika wisatawan merasa kecewa maka citra kawasan wisata akan buruk dimata masyarakat.  Terlebih, objek wisata Bandung Selatan telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) bersama Lembang dan Pangandaran.

Dia menambahkan, biasanya wisatwan akan sensitif dengan masalah kenyamanan yang menyangkut kebersihan, keamanan tidak terjamin dan pelayanan kurang ramah, dan harga mahal dan akhirnya tersebar di media sosial. Akan tetapi, jika pelayanan baik dan merasa puas, maka wisatawan dengan sendirinya akan mempromosikan melalui media sosial juga.

’’Itu yang harus dijaga oleh pelaku tempat-tempat wisata, agar para wisatawan datang ke Kabupaten Bandung betah dan memberikan kesan baik,” cetus dia.

Menanggapi hal ini, Bagian pemasaran objek wisata Kawah Putih Dedi Heryana menuturkan, berabagai persiapan untuk menyambut para wisatawan sudah dilakukan jauh-jauh hari.

Bahkan, pihaknya menargetkan jumlah kunjungan wisatawan selama libur natal dan tahun baru diprediksi mencapai 40 ribu orang wisatawan dalam dan luar negeri.

’’Kami optimistis bisa terpenuhi, mengingat jumlah kunjungan pada musim libur tahun lalu ke objek wisata Kawah Putih kurang lebih mencapai 50 ribu orang,’’kata Dedi ketika ditemui kemarin. (20/19).

Dedi mengatakan, untuk memberikan rasa nyaman dan aman pihaknya sudah melakukan berbagai pembenahan fasilitas di antaranya perbaikan dan perluasan lahan parkir, perluasan tempat ibadah dan penambahan wahana baru berupa Skywalk sepanjang kurang lebih 150 meter. Bahkan, pembuatan dermaga ponton yang bisa digunakan untuk berswafoto atau melihat sunrise juga sudah dilakukan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan