Jamin Menu Makan, Larang Swafoto

JAKARTA – Jamaah haji asal Indonesia dikenal sangat suka berswafoto di Tanah Suci. Karena itu, Kementerian Agama (Kemenag) mengingatkan agar kebiasaan tersebut tidak dilakukan di area Masjidilharam. Sebab, pihak berwenang di sana masih memberlakukan larangan berfoto selfie.

’’Mohon diingat, larangan itu (berswafoto, Red) belum dicabut. Masih berlaku,’’ kata Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Ditjen Pelayanan Haji dan Umrah Kemenag Sri Ilham Lubis di hadapan 780 petugas haji Arab Saudi di Jakarta kemarin.

Sri meminta para calon jamaah haji (CJH) mematuhi regulasi yang dikeluarkan pemerintah Arab Saudi. Sri juga menegaskan, jamaah yang ber-selfie bisa mengganggu kekhusyukan ibadah haji.

’’Jadi, larangan itu sebenarnya untuk kekhusyukan ibadah haji para jamaah dan yang lainnya. Jangan sampai mengganggu yang lain,’’ ujar Sri.

Karena itu, dia meminta para petugas haji Arab Saudi selalu mengingatkan para jamaah asal Indonesia agar mematuhi aturan yang berlaku di Masjidilharam. Sri juga menjelaskan, Kemenag berusaha menambah kenyamanan para CJH selama di Arab Saudi.

Soal makanan, lanjut Sri, para CJH akan mendapat ma­kanan dengan cita rasa Indo­nesia. Dia bahkan mengatakan bahwa pemerintah akan mengirim ikan patin ke Arab Saudi untuk menambah me­nu makan para CJH. Ikan air tawar itu biasa disajikan dalam bentuk pindang, pepes, dan gulai. Dagingnya lembut. Namun, pengolahan ikan patin membutuhkan trik khu­sus.

Sri menjelaskan, nanti ada ahli masak Indonesia yang mengawasi kualitas masakan. Kemenag telah menyediakan 151 dapur yang akan menyi­apkan makanan khas Indo­nesia. Semuanya dikerahkan untuk melayani kebutuhan makan jamaah haji Indonesia.

Soal kuota, dia mengatakan bahwa jatah makan CJH tahun ini bertambah jika dibanding­kan dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun lalu para jamaah hanya mendapat jatah makan 25 kali. Namun, tahun ini jumlahnya naik menjadi 40 kali.

Terobosan lain juga dilaku­kan Kemenag untuk mening­katkan pelayanan kepada jamaah haji. Mulai tahun ini, ada penambahan struktur pada komposisi Panitia Penyel­enggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi. Namanya adalah tim pertolongan pertama pada jamaah Haji (P3JH).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan