Jalur Baru Akan Dibuka

NGAMPRAH– Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bandung Barat tengah mengajukan pembukaan akses jalur alternatif menuju wisata di Lembang. Akses itu ditargetkan bisa dibuka dari arah Kecamatan Cikalongwetan menuju Cipada Kecamatan Cisarua dan Lembang. Hal itu dilakukan agar memudahkan akses menuju wisata di Lembang setelah dibangunnya Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang berlokasi di Cikalongwetan. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bandung Barat Sri Dustirawati menyatakan, saat ini pihaknya akan mengajukan terlebih dahulu kepada Bappeda dan diharapkan bisa masuk dalam RPJMD (rencana pembangunan jangka menengah daerah) lima tahun ke depan yang akan dipimpin oleh Bupati dan Wakil Bupati terpilih Aa Umbara Sutisna-Hengki Kurniawan. 

“Kita memang punya rencana agar akses dari Cikalongwetan itu bisa dibuka menuju Cisarua dan selanjutnya bsa menuju Lembang. Karena ke depan, di Cikalongwetan itu akan menjadi pusat perkotaan dengan adanya Kereta Cepat. Bahkan, pengunjung dari Jakarta juga berpotensi bisa datang ke lokasi wisata Lembang, ini peluang besar,” ujarnya.

Sri meyakini, bila akses jalur baru ini dibuka, maka akan menjadi solusi kemacetan yang saat ini kerap terjadi di wilayah Lembang. Hal itu dikarenakan akses jalan yang tidak bertambah sementara jumlah kendaraan terus meningkat. “Kita tahu jalur wisata di Lembang sekarang sudah padat apalagi saat memasuki liburan panjang. Jika dibuka ases jalur baru akan memecahkan solusinya,” terangnya. 

Seperti diketahui, di Bandung Barat, ada enam jalur alternatif yang bisa digunakan untuk menghindari kemacetan di jalur utama. Pertama, kendaraan di jalur tengah bisa mengambil rute dari Pintu Tol Padalarang/Batujajar-Kota Baru Parahyangan-Jalan. GA Manulang-Cipatat-Cianjur. Ini untuk menghindari kemacetan di Jalan Bandung-Cianjur.

Kedua, dari arah Purwakarta menuju  Lembang/Subang, bisa mengambil Jalan Raya Purwakarta-Jalan Stasion-Underpass Padalarang-Cisarua-Parongpong-Lembang-Subang. Jalur ini untuk menghindari kemacetan di Jalan Tol Purbaleunyi. Sementara dari arah Subang/Lembang menuju Bandung, ada empat jalur alternatif untuk menghindari kemacetan di jalur utama Jalan Bandung-Lembang. Pertama, melalui Jalan Maribaya-Jalan Mekarwangi-Dago Bandung. Kedua, melalui Jalan Cijeruk-Ciumbuleuit-Bandung. Selanjutnya, juga bisa melalui Jalan Sersan Bajuri-Ledeng-Bandung dan terakhir bisa melalui Parongpong-Jalan Cihanjuang-Cimahi-Bandung. 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan