JabarQR, Bantu Masalah Sosial

BANDUNG – Pemerintahan Provinsi Jawa Barat meluncurkan program Jabar Quick Response (JabarQR). Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, program tersebut merupakan tata cara bagi negara untuk membantu masyarakat. JabarQR bisa dimanfaatkan seluruh masyarakat di Jawa Barat untuk membantu dalam keadaan-keadaan darurat.

”Jadi, kata kuncinya emergency atau berkesusahan. Bisa melaporkan dirinya sendiri atau tetangga dan saudaranya,” kata Ridwan di Bandung, kemarin (18/9).

Gubernur yang karib disapa Emil itu lebih lanjut menjelaskan, sebagai contoh jika ada masyarakat yang tidak bisa makan. Pihaknya secara cepat, tanggap akan mengirim beras dan bahan pangan lainnya. Selain itu, lanjut dia, jika terdapat rumah warga kondisi rusak, JabarQR akan membantu perbaikan maupun pembangunan.

”Masalah kesehatan tidak punya uang untuk ke dokter, kita upayakan jika BPJS nya tidak punya. Jadi yang emergency-emergency. Pendidikan yang tidak punya modal atau biaya lagi kita bantu,” kata dia.

Emil menjelaskan, setiap laporan dari masyarakat, nantinya akan dikelola secara langsung tim gabungan dari Pemprov Jabar dan sejumlah aktivis kemanusiaan di Jawa Barat. Menurutnya, program JabarQR sendiri menggunakan anggaran yang bersumber dari berbagai pihak untuk bisa membantu masyarakat.

”Kalau sifatnya program dari pemerintah, tapi kalau sifatnya kemanusiaan bisa dari Dana zakat, sodaqah, infaq dan CSR (Corporate Social Responsibility) macem-macem, nanti juga dikelola secara profesional,” kata dia.

Untuk membantu berbagai permasalahan kemanusiaan di Jawa Barat, kata Emil, pihaknya menunjuk seorang aktivis masyarakat miskin bernama Bambang Trianggono sebagai ketua. Penunjukkan tersebut dikarenakan Bambang dinilai memiliki data terkait kebutuhan sebanyak 5 Ribu desa yang terdapat Jawa Barat.

”Sehingga, bisa kita programkan secara sistem tapi yang mendesak bisa kita tolong duluan,” kata dia.

Maka dari itu, Emil meminta masyarakat bisa melaporkan kepada JabarQR apapun permasalahannya. Laporan tersebut, bisa dilakukan masyarakat melalui berbagai sistem, mulai dari SMS (Short Massage Service) ke nomor 0811135777 maupun melalui media sosial seperti Instagram, Facebook dan juga Twitter JabarQR.

Emil menyatakan, program JabarQR diklaim mampu membantu setiap permasalahan. Karena, jika selama ini masyarakat harus menunggu waktu lama ketika menyampaikan laporan pada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat hingga bisa diproses, maka dengan program tersebut akan semakin cepat dan mudah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan