Jabar Saber Hoaks, Upaya Membangun Kondusifitas di Jawa Barat

Tim Jabar Saber Hoaks ini akan ber­tugas sebagai lembaga pemverifikasi berita baik diminta ataupun tidak. Kemudian tim ini akan rutin setiap minggu menginformasikan berita mana saja yang termasuk dalam kate­gori hoaks kepada masyarakat. Selain itu, tim akan mengajak masyarakat Jawa Barat ikut berpartisipasi aktif menjadi benteng pertahanan terhadap berita hoaks.

Ketua Tim Jabar Saber Hoaks, Enda Nasution, mengatakan Anggota Tim Jabar Saber Hoaks adalah kaum mile­nial yang ahli di bidang IT. Mereka pun ada yang berasal dari komunitas dan jurnalis. Tim yang beranggotalan 12 orang ini akan menggunakan hoax analizer serta dibantu pula oleh software dalam kerjanya. Tim juga membuka akses ko­ordinasi dengan pihak kepolisian.


“Pemda Provinsi Jawa Barat menyiapkan instrumen untuk membentengi kondusifitas masa depan Jawa Barat. Kondusifitas itu harga mahal sebagai pondasi dasar untuk membangun Jawa Barat yang Juara Lahir Bathin.”

Ridwan Kamil,
Gubernur Jawa Barat


”Selain tentunya konfirmasi langsung dengan sumber-sumber informasi langs­ung baik komunitas maupun pemerintah,” ujarnya yang ditemui usai acara launching.

Hoaks analizer ini semacam alat ban­tu yang menggunakan teknologi artifi­cial intelligence. Melalui alat ini akan ada hasil estimasi atau persentase terhadap informasi yang dianalisis. Masyarakat juga bisa memverifiasi informasi mela­lui hotline Whatsapp 08211-8670-700. Dapat juga melalui akun-akun media sosial berikut:

  • Facebook : facebook.com/official.jabar­saberhoaks
  • Instagram : instagram.com/jabarsaberhoaks
  • Twitter : twitter.com/jabarsaberhoaks.

(*/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan