Instalisasi Pipa PDAM Sudah Berfungsi

BANDUNG – Setelah sempat mengalami kerusakan, PDAM Tirtawening Kota Bandung memastikan pipa transmisi Cisangkuy telah diperbaiki. Saat ini, pipa dalam proses penga­liran air menuju pelanggan.

”Alhamdulillah atas kerja keras semua, doa-doa dari kita semua perbaikan pipa yang kemarin bocor ini susah dapat tersambung sejak Senin (26/11/2018) malam. Jadi sekarang ini dalam progres pengaliran,” ungkap Direktur Utama PDAM Tirtawening Kota Bandung Sonny Salimi pada Bandung Menjawab di Taman Sejarah Balai Kota Bandung, Selasa (27/11).

Kendati begitu, Sonny men­gatakan, masih perlu waktu untuk mengalirkan air sampai ke rumah-rumah pelanggan. Hal itu disebabkan adanya kekosongan pipa akibat tak dialiri air selama dua hari.

”Insya Allah sudah normal. Tapi ke pelanggan mungkin butuh sampai besok (Rabu), karena kan ketika kemarin berhenti dua hari pipa di dist­ribusi se-Bandung kan pasti kosong. Berarti perlu waktu mengisi ulang. Normal-nor­malnya paling besok lah. Walau­pun hari ini sudah kita bero­perasi normal tapi untuk me­normalkan lagi ke masyarakat butuh satu hari lagi,” jelasnya.

Sebelumnya, sebanyak 103.569 rumah terdampak pecahnya pipa transmisi Cisangkuy. Pipa berusia 28 tahun itu rusak dip­erkirakan karena tekanan air yang besar mengalir secara mendadak.

”Penyebabnya karena teka­nan besar yang mendadak, karena di situ pipanya senga­ja dibedakan. Ketika ada wa­ter hammer, atau tekanan air yang bertambah secara men­dadak, pipa air di situ yang akan pecah,” imbuhnya.

Pipa pecah tersebut berbahan Ductile Cast Iron Pipe (DCIP). Sementara pipa-pipa lainnya berbahan steel yang lebih kuat.

Sonny pun memastikan, sistem perawatan pipa sudah sesuai dengan prosedur, ya­kni dengan mengatur tekanan air dalam pipa. Soal usulan mengganti pipa keseluruhan, Sonny menilai, saat ini hal itu bukan solusi yang bijak. Pa­salnya membutuhkan biaya sangat besar untuk meng­ganti pipa sepanjang 32 km.

”Pilihan bijak saat ini adalah bagaimana kita tetap melakukan upaya preventif sehingga po­tensi untuk terjadinya bocor ini bisa kita tekan,” katanya. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan