Dramatis, Sepakan Mario Mandzukic Bikin Inggris Menangis

Setelah kerap mendapat tekanan sepanjang babak kedua, Inggris perlahan bangkit di perpanjangan waktu pertama. Masuknya Darren Rose memberi permainan baru yang lebih menyegarkan. Rose kerap melakukan overlap membantu serangan.

Hasil manuver Rose pun membuahkan tendangan sudut. Stone sempat melakukan sundulan yang terarah ke sudut gawang dan jauh dari jangkauan Subasic. Namun, bola masih bisa dihalau Vrsaljko.

Pelatih Inggris Gareth Southgate tampaknya mulai bersiap seandainya laga harus ditentukan melalui adu penalti. Terlihat dari ditariknya Henderson dan digantikan oleh Eric Dier. Dalam adu penalti melawan Kolombia, Dier sukses menjadi pencetak gol penutup bagi Inggris.

Menjelang akhir babak pertama perpanjangan waktu, Kroasia mendapat peluang emas berkat umpan matang Ivan Perisic. Mario Mandzukic sempat menyontek bola umpan Perisic namun dimentahkan oleh kesigapan Pickford.

Di babak kedua perpanjangan waktu, giliran Kroasia yang lebih banyak menekan. Inggris sepertinya lebih mencoba bertahan untuk bermain di adu penalti.

Sayang strategi Inggris justru melahirkan petaka. Kroasia yang bermain lebih menyerang sukses mencetak gol pada menit 109. Melanjutkan sundulan Ivan Perisic, Mandzukic kali ini mampu menceploskan bola ke gawang Pickford. Kroasia unggul atas Inggris.

Kondisi ini memaksa Gareth Southgate berjudi dengan memasukkan Jamie Vardy menggantikan bek Kyle Walker. Ini merupakan strategi Southgate untuk membuat Inggris lebih menyerang.

Sial bagi Inggris, usai melakukan pergantian terakhir, Trippier tak bisa melanjutkan pertandingan karena cedera. Inggris pun terpaksa bermain dengan 10 orang di sisa menit pertandingan.

Akhirnya, Inggris pun dipaksa pulang secara dramatis. Unggul lebih dulu, Inggris tak bisa bertahan dengan baik menghadapi tekanan Kroasia. Dan untuk kali pertama dalam sejarah, Kroasia akan tampil di partai final Piala Dunia. Prancis sudah menunggu Kroasia untuk bersaing menjadi yang terbaik di Piala Dunia 2018. (adw/JPC)

Kroasia 2-1 Inggris
(Perisic 68′, Mandzukic 109′ – Trippier 5′)

Susunan pemain Kroasia vs Inggris:

Kroasia (4-2-3-1): 1-Subasic; 2-Vrsaljko, 21-Vida, 6-Lovren, 3-Strinic (22-Pivaric 95′); 7-Rakitic, 10-Modric (19-Badelj 118′); 18-Rebic (9-Kramaric 101′), 11-Brozovic, 4-Perisic; 17-Mandzukic (5-Corluka 115′)
Pelatih: Zlatko Dalic

Inggris (3-5-2): 1-Pickford; 2-Walker (11-Vardy 112′), 5-Stones, 6-Maguire; 12-Trippier, 8-Henderson (4-Dier 97′), 18-Young (3-Rose 91′); 7-Lingard, 20-Dele; 10-Sterling (19-Rashford 74′); 9-Kane

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan