Kalah 1-2, Indonesia Dapat Pelajaran Penting dari Thailand

Gol kedua Thailand ini seperti membangkitkan permainan Garuda Nusantara yang selama babak pertama seperti tak ada gairah. Indonesia pun bermain lebih rancak pada babak kedua. Mereka berani keluar dari tekanan dan memberikan tekanan balik ke Thailand.

Laga memasuki menit ke-66 ketika Indonesia memperoleh peluang terbaiknya dari kaki Saddil Ramdani. Akan tetapi tendangan kaki kiri pemain Persela Lamongan itu melambung tipis di atas mistar. Saddil melepaskan tembakan on target pertama bagi Indonesia pada menit ke-67. Sayang bola mengarah tepat ke tangkapan penjaga gawang Thailand, Nopphon Lakhonphon.

Sebuah aksi individu Witan Sulaeman berhasil membawanya menerobos masuk ke pertahanan Thailand pada menit ke-73. Sayang finishing-nya tak sempurna. Bola masih melambung di atas mistar.

Begitu pula dengan eksekusi tendangan bebas yang sangat cantik dilakukan Saddil menit ke-76. Sayang arah bola melenceng tipis di kiri gawang.

Indonesia memperkecil kedudukan menjadi 1-2 melalui gol Rifad Marasabessy pada menit ke-84. Rifad memaksimalkan bola muntah sepakan Todd Ferre yang gagal ditangkap kiper Lakhonphon.

Saddil hampir mencetak gol menit ke-87. Akan tetapi tendangan mendatarnya digagalkan Lakhonphon yang bermain cukup bagus dan tangkas. Selain menggagalkan peluang Saddil, ia juga berhasil meredam tendangan on target Todd Ferre pada menit ke-90.

Hasil akhir, Indonesia dipaksa takluk 1-2 oleh Thailand. Kekalahan ini mejadi pelajaran penting bagi skuad Garuda Nusantara untuk menghadapi laga di semifinal nanti.

Thailand 2-1 Indonesia
( Nattawut 41′, Sarakum 50′ – Rifad 84′)

Susunan Pemain Indonesia vs Thailand:

Indonesia: 30-Aqil Savik, 2-Kadek Raditya Maheswara, 5-Nurhidayat Haji Haris, 12-Rifad Marasabessy, 29-David Rumakiek, 17-Syahrian Abimanyu, 7-Lutfi Kamal, 24-Todd Ferre, 15-Saddil Ramdani, 19-Hanis Saghara (9-Rafli Mursalim, 70′), 27-Aji Kusuma (8-Witan Sulaeman, 46′)
Pelatih: Indra Sjafri

Thailand: 1-Nopphon Lakhonphon, 2-Nakin Wisetchat, 6-Kittitach Praniti, 15-Sampen Kesi (11-Sakunchai Saengthopho, 67′), 20-Anusak Jaiphet, 7-Nattawut Chootiwat, 17-Kritsana Daokrajai, 19-Thirapak Prueangna, 9-Matee Sarakum (12-Korawich Tasa, 67′), 10-Suphanat Mueanta (22-Yuthapichai Lertium 57′), 8-Sittichok Paso(c)
Pelatih: Itshara Sritharo

Wasit: Clifford Daypuyat (Filipina)

(saf/JPC)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan