Human Error Sebabkan Kecelakaan di Usia Produktif

CIANJUR – Satlantas Polres Cianjur menyebutkan korban kecelakaan di Cianjur didominasi usia produktif. Hal itu diakibatkan human error atau kesalahan manusia, kondisi jalan, dan minimnya lampu penerangan jalan umum (PJU).

Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Adhimas Sriyono Putra, menuturkan, jika berdasarkan angka kecelakaan 2018 terpantau trennya menurun jika dibandingkan dengan angka kecelakaan yang terjadi di 2017.

“Tren angka kecelakaan lalulintas di wilayah Cianjur pada tahun ini mengalami penurunan. Semakin rendahnya angka kecelakaan ini karena peran serta masyarakat juga,” kata dia kepada wartawan, kemarin (4/9).

Menurutnya, untuk saat ini kecelakaan lalulintas lebih banyak diakibatkan human error, faktor jalan hingga penerangan jalan umum saat malam. “Untuk ruas jalan yang rawan kecelakaan lalulintas di Kabupaten Cianjur, diantaranya Jalan Raya Cianjur-Puncak (Ciloto), Jalan Raya Cianjur-Sukabumi (Gekbrong), dan Jalan Raya Cikalongkulon-Jonggol,” kata dia.

Hingga kini, lanjut dia, Satlantas Polres Cianjur terus mendorong Pemkab Cianjur untuk dapat menambah dan memperbaiki sarana dan prasarana pendukung di jalan raya, agar bisa lebih meminimalisir terjadinya kecelakaan. “Kami sudah kjoordinasi agar sarana dan prasarananya diperbaiki, sehingga potensi terjadinya kecelakaan bisa lebih kecil,” pungkasnya.(bay/yhi)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan