Hibahkan Lahan untuk Jalan Tembus

SOREANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung anggarkan 1,5 miliar dari APBD, ditambah Rp 260 juta bantuan dari Gubernur Jabar untuk mendukung kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102.

Bupati Bandung Dadang M. Naser mengatakan, TMMD memiliki tujuan untuk pembangunan infrastruktur fisik, mental dan spiritual bagi masyarakat. Sedangkan untuk pelaksanaannya akan dilakukan di Desa Cibeureum Kecamatan Kertasari dari 10 Juli 2018 sampai dengan 8 Agustus 2018.

Menurutnya, untuk pembangunan infrastruktur jalan ini pihaknya menapresiasi kepada warga setempat yang telah menghibahkan lahannya untuk pembangunan jalan tembus dari Kampung Cihalimun — Kampung Dangdang sejauh 1,4 kilometer.

Awalnya masyarakat menempuh jarak 5 kilometer, namun dengan adanya akses untuk memudahkan akses antar kampung tersebut, baik akses perekonomian maupun aktivitas warga sehari-hari,” jelas Dadang kepada wartawan usai bertindak selaku Inspektur pada Upacara Pembukaan di lapangan Kantor Kecamatan Kertasari, kemarin (10/7).

Dadang menyebutkan, untuk TTMD kali ini TNI akan mengerahkan 150 personil uang akan tinggal bersama warga setempat selama pelaksanaan kegiatan. Hali ini, merupakan cerminan bahwa TNI harus dekat dengan rakyat.

Selain itu, untuk membantu kelancaran TTMD para aparatur dari Perangkat Daerah Kabupaten Bandung akan turut berpartisipasi melaksanakan berbagai jenis kegiatan baik fisik maupun non fisik.

“Selain jalan tembus, pemasangan gorong-gorong sebanyak 2 titik, pembuatan jembatan sepanjang 15 meter, lalu pembangunan irigasi Tembok Penahan Tebing (TPT) 30 meter, serta jalan setapak,kata Dadang.

Selain itu, untuk pembangunan non fisik aka ada pelayanan Keluarga Berencana (KB), penyuluhan keselamatan lalu lintas, beberapa sosialisasi untuk masyarakat, pelatihan kewirausahaan bagi pembinaan teknologi pengelolaan lingkungan, pelayanan penerbitan akta kelahiran dan pelayanan KTP Elektronik, pelayanan kesehatan, berbagai bimbingan sosial dan kursus keterampilan, serta beberapa bantuan dan pelatihan keterampilan yang diberikan langsung kepada masyarakat.

Sementara itu Dandim 0609 Letkol Arh. A. Andre Wira Kurniawan, mengatakan pada 1 sampai 9 Juli telah dilaksanakan pula kegiatan pra-TMMD. Dia juga menambahkan, kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi untuk mendekatkan TNI dengan Rakyat.

“Selain pembangunan fisik dan non fisik, pelaksanaan TMMD juga bertujuan untuk mempererat hubungan silaturahmi antara TNI dengan Rakyat. Para anggota yang tinggal bersama warga akan merasakan langsung bagaimana kehidupan sehari-hari warga setempat,” tambahnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan