Hari Ini Sertijab, Langsung Ngabret

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai dilantik Presiden di Istana Negara Jakarta, Rabu (5/9). Menyebutkan pihaknya siap mengemban tugas Negara sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat lima tahun mendatang.

”Saya juga baru diberi tahu kemarin (4/9). Jadi, memang agak dadakan, tapi intinya kita siap mengemban tugas Negara dan prioritas-prioritas ke depan sudah menunggu,” kata Emil pada wartawan usai dilantik di Istana Negara Jakarta, kemarin (5/9).

Raka Denny/Jawa Pos
Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum saat pelantikan di Istana Negara, Rabu (5/9).

Rencananya hari ini (6/9), akan digelar serah terima jabatan di Gedung Sate Kota Bandung. Dia menegaskan akan segera tancap gas untuk bekerja melayani masyarakat Jawa Barat.

”Jadi, besok (hari ini, Red.) serah terima (jabatan) di Gedung Sate di Bandung dengan Pak Pj. (Penjabat Gubernur) Iwan, setelah itu langsung kerja. Bahasa anak sekarang ngabret kira-kira dan doakan lancar,” lanjutnya.

Selain itu, Emil-Uu juga akan merangkul berbagai pihak di pemerintahannya, termasuk membentuk Dewan Pertimbangan Gubernur dan grup WhtasApp (WA) Walikota/Bupati di Jawa Barat. Dewan ini akan berisi para tokoh Jawa Barat serta para peserta Pilgub Jabar Tahun 2018.

”Kita juga akan merangkul mereka-mereka yang dulu (dalam Pilkada Serentak 2018) berkompetisi. Kita ada namanya Dewan Pertimbangan Gubernur. Isinya para gubernur Jawa Barat terdahulu. Mereka yang berkompetisi di 2018 kemarin, inilah filsafah Sunda. Kita merangkul demi masa depan, karena Pilkada adalah masa lalu, Jabar juara adalah masa depan,” tandasnya.

Di tempat sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa membenarkan berkait hari ini ada agenda serah terima jabatan dari Penjabat Gubernur Jawa Barat ke Gubernur Jawa Barat. Menurut Iwa, hal itu sesuai Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota, usai pelantikan harus segera dilaksanakan sertijab.

”Untuk itu, usai pelantikan pada Rabu 5 September 2018. Sehari setelahnya digelar sertijab yang dilanjutkan dengan Penyampaian Pidato Visi Misi Gubernur Jawa Barat Masa Jabatan 2018-2023 pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Jawa Barat di Gedung DPRD Provinsi Jabar,” ungkap Iwa usai menghadiri Pelantikan Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak 2018 di Jakarta, kemarin (5/9).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan