Hari Ini Salat Istisqa di Gasibu

BANDUNG – Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat akan menggelar salat meminta hujan (istisqa) di Lapang Gasibu, Bandung, hari ini (16/10), pukul 07.30.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan kondisi sejumlah waduk di Jabar baik Jatiluhur maupun Cirata saat ini debit airnya terus menurun. Karena itu Gubernur Jabar Ridwan Kamil menurutnya mengambil sejumlah langkah-langkah penanganan.

”Pertama dengan melakukan ikhtiar lewat koordinasi dengan Pemerintah Pusat yaitu mendorong terjadinya hujan buatan. Kedua sebagai umat beriman kami mengimbau kepada Bupati, Wali Kota dan jajarannya untuk melakukan shalat memohon doa agar Allah menurunkan hujan,” kata Iwa di Gedung Sate, Bandung, kemarin (15/10).

Iwa juga menyebutkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar dan jajarannya terkait teknis pelaksanaan shalat. Selain itu dia juga memerintahkan Kepala Biro Pelayanan Sosial Setda Jabar untuk melakukan persiapan dimana panitia lokal shalat istisqa adalah DKM Al Muttaqien, Gedung Sate.

”Insyaallah shalat istisqa akan dilaksanakan besok pagi jam 07.30 WIB di Lapangan Gasibu. Saya meminta keiklasannya untuk seluruh ASN, masyarakat sekitar wilayah Gasibu dan karyawan Telkom, PT Pos untuk bersama-sama melaksanakan shalat istisqa,” paparnya.

Iwa berharap dengan digelarnya shalat secara serentak dan rekayasa cuaca bisa membuat waduk-waduk yang ada di Jabar bisa kembali dipenuhi air. Selain itu areal ladang dan persawahan bisa panen sesuai jadwal karena hujan mulai turun.

Sementara itu, Wali Kota Bandung Oded M Danial mengaku mendapat sejumlah pesan dari warga Bandung yang terdampak kekeringan. Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berinisiatif menggelar Salat Istisqa guna meminta hujan.

Salat Istisqa yang digelar di Balai Kota Bandung diikuti seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di lingkungan Pemkot Bandung. Inisiatif menggelar Salat Istisqa dilakukan Oded setelah berkonsultasi dengan KH. Miftah Faridl sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bandung.

”Setelah konsultasi, malamnya langsung hujan. Kemarin diskusi lagi, apa mau dilanjut, ya lanjut saja. Mudah-mudahan dengan Salat Istisqa ini, Bandung diberikan hujan yang berkah,” kata Oded di Bandung, kemarin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan