Harga Kepokmas Dijamin Stabil

BANDUNG – Untuk memas­tikan kebutuhan pokok ma­syarakat (kepokmas) stabil dan aman, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mela­kukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Anyar, Keca­matan Astana Anyar Kelura­han Panjunan, Selasa (18/12/2018).

Turut mendampingi wakil wali kota, di antaranya Ke­pala Dinas Pangan dan Per­tanian Kota Bandung, Elly Wasliah, Kepala Dinas Per­dagangan dan Perindustrian Kota Bandung, Eric M. Attau­riq dan Satgas Pangan Kota Bandung, Mochammad Rifai.

Saat sidak, Yana sempat ber­dialog dengan sejumlah peda­gang. Tak hanya itu, ia juga sem­pat melihat pengujian sejumlah baham pangan seperti daging sapi, daging ayam, sayuran, dan ikan layak konsumsi.

”Ini kegiatan rutin. Bersama jajaran kepolisian dan dinas terkait, kita ingin memastikan masyarakat Bandung dalam mengonsumsi apapun yang dibeli pasar tradisional itu aman, nyaman dan halal,” tutur Yana di sela sela sidak.

Mengenai harga, Yana me­mastikan kebutuhan pokok masyarakat masih normal.

Seperti daging ayam, masih diharga Rp. 35.000 – 38.000

”Harga ada yang fluktuatif, tapi masih diambang normal. contohnya daging ayam ma­sih kisaran Rp38.000. kalau harganya Rp40.000 itu nggak wajar,” katanya.

Yana menuturkan, jika harga pangan sudah diambang tidak wajar maka akan ada operasi pasar.

”Selama harganya wajar kita tidak akan lakukan ope­rasi pasar. Terpenting rutin cek harga, sehingga tidak ada yang dirugikan” ujar Yana.

Menghadapi Natal dan ta­hun baru, Yana juga memas­tikan ketersediaan pangan mencukupi.

”Kita jaga terus stok dan harga. Kalaupun itu ada ke­kurangan stok, kita siap me­nyuplai,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dis­pangtan Kota Bandung, Elly Wasliah menyampaikan, sidak sebagai kegiatan untuk memonitor ketersediaan stok harga dan keamanan pangan.

Mengenai harga, terdapat dua komoditas untuk daging ayam Rp35.000 – Rp38.000 per kologram dan telur Rp23.000 – Rp26.000 per ki­logram.

”Jadi masing-masing naik Rp3000. Kalau daging ayam di atas Rp40.000, Pemkot akan kerjasama dengan Bulog melakukan OPM manakala harga diatas normal,” tegas Elly.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan