oleh

Harga Gabah Terus Anjlok

SUBANG-Sejumlah petani di Desa Gambar­sari Kecamatan Pagaden mengeluhkan harga gabah terus anjlok sejak memasu­ki musim panen.

Salah sorang petani, Kosim mengatakan, saat ini harga gabah varietas Ciherang berada dikisaran Rp4.500 hingga Rp4.600 per kilogram. Bahkan un­tuk harga gabah kering bisa mencapai Rp500 ribu hing­ga Rp600 ribu per kwintal.

“Harganya sih sebetulnya relatif, ya untuk macam-macam varietas. Meskipun tidak merugi seperti tahun lalu, tapi memang ya sama saja harganya seperti daer­ah lain yang lagi panen, saat ini lagi turun,” ucap Kosim.

Sebab, menurut Kosim, saat ini beberapa wilayah di Kabupaten Subang sedang memasuki masa panen raya. Sehingga hal tersebut juga berpengaruh pada turunnya harga.

“Memang ini kebetulan lagi banyak panen raya, di daerah saya Binong, Tambahdahan, Pagaden Barat juga, panen semua,” katanya.

Kosim melanjutkan, harga beras ketan di Ke­camatan Binong dan Tam­bakdahan yang notabene merupakan daerah peng­hasil beras kertan, saat ini berada di kisaran Rp400 ribu per kwintal.

Hal tersebut juga diakui petani lainnya, Taslim. “Padahal hasil padinya sekarang ini lagi bagus, beda dari dengan tahun kemarin,” ungkap Ketua Kelompok Tani ASTAP Gambarsari tersebut.

Taslim mengharapkan Bulog segera turun tangan menyerap gabah petani atau membuat standarisasi harga.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.