Gotong Royong JKN-KIS Bukan Sekedar Jargon

BANDUNG –  Kanker Kolon (Colorectal Cancer) adalah jenis kanker yang menyerang usus besar atau bagian terakhir pada sistem pencernaan manusia. Meskipun penyakit ini bisa terjadi pada segala usia, 90 persen penderitanya adalah orang-orang lansia di atas 60 tahun.

Posuf Liswardi (67), salah satu Peserta JKN-KIS yang terdaftar sebagai Penerima Pensiun Swasta dari PT. Vale Sorowako adalah penderita CA Kolon. Beliau saat ini sedang rutin menjalani kemoterapi di Rumah Sakit Santosa Central Bandung. Walau tengah berobat, namun beliau seperti tidak sakit sama sekali.

“Walau keadaan kita sedang sakit, namun kita harus tetap semangat”, ucap Posuf saat ditemui di ruangan rawatnya.

“Saya sudah menjalani kemoterapi sejak Desember 2017 yang mengharuskan saya bolak-balik ke rumah sakit. Saya tidak masalah karena ini adalah rangkaian pengobatan medis. Soal biaya, saya juga tidak perlu pusing memikirkannya, karena ada JKN-KIS”, cerita Posuf.

Posuf juga menyampaikan bahwa Program JKN-KIS ini sangat meringankan masyarakat. “Kemoterapi dan obat-obatannya bukanlah hal yang biasa, tentu sangat membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dengan adanya Program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan ini, sangat membantu sekali. Semua dapat di-cover oleh JKN-KIS”, ceritanya.

Selain merasa terbantu dengan Program JKN-KIS, Posuf juga menyampaikan salam terima kasihnya kepada Peserta JKN-KIS yang selalu rutin membayar iuran. “Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Peserta yang telah membayar iuran rutin setiap bulannya, walau bahkan mereka belum pernah memanfaatkan pelayanan kesehatan. Sesuai jargon, tolong menolong membantu sesama. Mereka adalah Pahlawan JKN-KIS”, ucapnya.

Disamping itu Posuf juga mengapresiasi pelayanan kesehatan fasilitas kesehatan yang ada di Kota Bandung. Selama menjalani kemoterapi, Posuf tidak pernah mendapatkan pembedaan sama sekali terkait pelayanan kesehatan. Bahkan perawat sangat ramah dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien.

“Peran serta semua kalangan dalam pelaksanaan Program JKN-KIS ini menjadi kebaikan bagi kita semua. Semoga semua masyarakat dapat menjadi Peserta JKN-KIS, agar semua kesehatannya terjamin dan merasakan manfaat besar JKN”, tutupnya. (rm)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan