Gelar Pertemuan dan Buat Aksi

BANDUNG – Sebanyak 300 relawan Kangpisman ber­kumpul di Pendopo Kota Bandung, pertemuan ini merupakan yang pertama kalinya sejak Wali Kota Bandung, Oded M Danial meluncurkannya beberapa waktu lalu.

Para relawan berkumpul melalui jejaring komunitas dan media sosial, termasuk akun WhatsApp Center yang dikelola oleh tim relawan. Wali Kota menyambut para relawan tersebut secara langsung.

”Saya merasa senang se­kali karena program Pemkot Bandung yang sangat strate­gis urusan penanganan sam­pah ini direspon positif, teru­tama dari relawan kangpis­man,” jelas Oded ketika dite­mui kemarin (25/11).

Kangpisman merupakan kependekan dari Kurangi-Pisahkan-Manfaatkan. Ini menjadi gerakan warga Kota Bandung di bidang kebersihan. Gerakan ini muncul untuk merespon kondisi Kota Bandung yang membutuhkan penanganan berkelanjutan di bidang lingkungan.

Oded menuturkan, warga Kota Bandung setiap hari memproduksi 1.500 ton sam­pah. Dari jumlah tersebut, sekitar 60 persennya adalah sampah organik. Setiap hari pula, sampah tersebut diang­kut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti yang masa penggunaannya tinggal setahun lagi.

Sedangkan biaya pengang­kutan sampah juga tak kecil. Setiap tahun, Pemkot Bandung menggelontorkan dana kurang lebih Rp150 miliar hanya un­tuk mengangkut sampah.

”Dari sekian banyak pro­blema permasalahan klasik Kota Bandung. Saya masih meyakini persoalan sampah ini krusial dan bisa menjadi bom waktu,” ujar Oded.

Dia memutar ingatan pada tahun 2005 saat Kota Bandung disebut sebagai lautan sampah. Pada saat itu, ribuan ton sam­pah di Kota Bandung tidak dapat terangkut ke TPA Leu­wigajah sehingga menggang­gu aktivitas kota.

”Hal itu menyadarkan kita bahwa sampah ini bukan per­soalan sepele,” katanya.

Oded menawarkan solusi menangani persoalan sampah mulai dari pangkalnya, yakni dari produksi sampah. Dengan begitu, Oded berharap warga bisa mengubah perilaku ter­hadap sampah sehingga da­pat mengurangi volume sam­pah langsung dari sumbernya.

”Mari menyelesaikan sam­pah dengan kepedulian kita,” ajak Oded. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan