Enzo Untungkan Valencia

DIPANGGILNYA Enzo Perez ke timnas Argentina untuk Piala Dunia juga menguntungkan Valencia. Menurut Marca, klub berjuluk El Che itu diklaim menerima beberapa juta Euro untuk Perez.

Lho bukannya Perez sudah berstatus pemain River Plate per tahun lalu saat dijual Valencia? Memang benar. River Plate pun mendapat imbalan dari FIFA. Tetapi, Valencia juga berhak. Hal itu mengacu kepada Club Benefits Programme yang mulai diterapkan FIFA sejak 2010.

Tertulis dalam peraturan tersebut itu, setiap klub akan menerima “sumbangan” dari FIFA secara penuh asalkan pemain yang bersangkutan minimal sudah dua tahun membela tim tersebut.

”Dalam Club Benefits Programme, FIFA menyetujui dana senilai EUR 178 juta (sekitar Rp 2,9 triliun) yang didistribusikan kepada klub-klub yang telah menyumbangkan pemain untuk turnamen musim panas ini di Rusia,” tulis Marca. Sayangnya, belum ada data valid mengenai jumlah yang diterima masing-masing klub bagi pemainnya yang dipanggil timnas.

Ternyata, Perez bukanlah satu-satunya pemain yang masuk kriteria tersebut. Rodrigo Moreno untuk Spanyol, Goncalo Guedes di Portugal, dan Matt Ryan untuk Australia juga mengalami hal serupa.

Ryan dan Guedes, seperti halnya Perez, adalah bagian dari Valencia untuk musim 2016-2017. Hanya saja, untuk kasus Guedes dan Ryan,  jumlah klub yang menerima imbalan dari FIFA lebih banyak. Sebab, keduanya masing-masing membela tiga tim sejak 2017. (io/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan