Emil Titip Tiga Pesan ke KONI Jabar

Emil menyebut, pesan kedua kepada KONI Jabar dan insan olahraga Jabar tentang prestasi. Dirinya bangga atas pen­capaian Jabar sebagai juara umum pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016. Tapi, pertarungan sesung­guhnya bukan itu. Tidak ketika Jabar menjadi tuan rumah penyelenggaraan PON. Melai­nkan nanti pelaksanaan PON berikutnya di Papua pada 2020. Tetap menang meski bukan tuan rumah.

’’Buat apa menang kalau pinjam atlet lain. Ini tidak punya nilai filosofi. Ini jujur dalam olahraga. Tampilkan apa adanya agar jadi pemacu. Saya ingin begitu. Ingin jujur. Ini self critic,’’ terang dia yang sore itu mengenakan iket ke­pala Sunda berwarna biru.

Emil menambahkan pesan ketiga, ingin tahu biaya membangun peradaban olah­raga bermutu dan berkelas. Setelah diketahui baru dipi­kirkan mencari solusinya. ’’Tolong dihitung. Kita pikir­kan dengan sebuah cara. Se­hingga suatu hari, inilah bangsa pemenang. Bapak ibu (pengurus cabor, Konida dan KONI Jabar) pensiun dengan sebuah cerita,” ucapnya lalu disambut aplaus peserta si­laturahmi.

Ketua KONI Jawa Barat Ah­mad Saefudin mengatakan, berkomitmen menyukseskan program Gubernur Emil di bidang olahraga. Sesuai dengan semangat visi Jabar Juara Lahir Batin. Memper­tahankan juara umum di PON Papua mendatang. ’’Jadi nanti yakin juara umum akan kembali kepada Jabar Juara Lahir Batin. Siap Jabar Juara lahir batin?,’’ kata dia dijawab pekik kata, ’’Siap’’ dari pe­serta silaturahmi.

Ahmad menegaskan, kesiapan itu di antaranya terlihat dari pelaksaan Porda XIII Jabar 2018. Sebagai upaya menyiapkan atlet. Diperkuat visi KONI di bidang olahraga sebagai jalan penguat sumber daya manusia unggul di segala hal.

Didukung dengan sejumlah program yang akan dijalankan. Di antaranya menjadikan SOR Arcamanik sebagai kawasan pengembangan science sport, GOR Padjadjaran sebagai kawasan event keolahragaan, prototipe desa bugar. Lalu satu cabor unggulan di 27 kabupaten kota.

’’Program ini akan dikolabo­rasikan bersama Dinas Pendi­dikan dan Dinas Pemuda dan Olagraha Jabar,’’ ucap dia saat paparan program di hadapan Gubernur Emil dan peserta.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan