Dovi: GP18 Motor Terbaik   

RIDER Ducati Andrea Dovizioso puas dengan kinerja motor Desmosedici GP18 sepanjang uji coba di Buriram, Thailand, pekan lalu. ”Saya memberikan nilai 8,5 untuk hasil tes ini,” ujar rider Italia tersebut dilansir GP One.

Yang paling membuatnya puas adalah chassis baru. Uji coba di Buriram mengonfirmasi kemajuan pesat bagi GP18 dari sisi stabilitas di tikungan. ”Saya merasakan sensasi berbeda pada setang (handlebar) yang tidak mudah saya ungkapkan dengan kata-kata. Sangat positif dan membuat saya sangat percaya diri,” kata Dovi.

Tanpa ragu dia menyebut GP18 sebagai motor terbaik yang pernah dirancang Ducati sampai saat ini. ”Sekarang kami punya basis motor kuat yang memungkinkan kami bisa kompetitif di semua sirkuit,” ungkapnya.

Kepuasan juga dirasakan rider Suzuki Alex Rins. Tampil konsisten sepanjang tiga hari uji coba, pembalap Spanyol itu mengklaim bahwa Suzuki sudah kembali ke level persaingan yang sama seperti ketika dibela Maverick Vinales pada musim 2016. Saat itu Vinales tiga kali podium dan juara di GP Inggris.

Rins finis di posisi kelima secara keseluruhan. Catatan waktu terbaiknya hanya terpaut 0,3 detik di belakang pembalap tercepat Daniel Pedrosa (Repsol Honda). ”Dengan fairing yang lebih panjang (mirip Ducati), saya merasa lebih kompetitif di lintasan ini. Suzuki lebih efektif dalam hal akselerasi,” ungkapnya.

Uji coba terakhir berlangsung di Qatar pada 26 Februari sampai 1 Maret. Pada hari terakhir tes di Qatar seluruh bagian sirkuit dibasahi untuk memberikan kesempatan kepada seluruh pembalap menjajal ban basah. Seri perdana MotoGP 2018 digelar di sirkuit yang sama pada 18 Maret. (cak/ca)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan