Disperindag Jamin Harga Beras Stabil

Di Kabupaten Bandung. Disperindag Jabar dan Disperin Kabupaten Bandung menggelar Operasi Pasar Murah (OPM) di 4 Kecamatan, yakni Paseh (4/6), Ibun (5/6), Nagreg (6/6) dan Cilengkrang (8/6).

Kepala Disperin Kabupaten Bandung Popi Hopipah, mengatakan OPM pada Ramadan tahun ini menyediakan sebanyak 13.000 paket bersubsidi. Tiap paketnya terdiri dari 5 kilogram beras, 3 liter minyak goreng dan 3 kilogram gula pasir.

”Kita hanya mengambil tiga macam kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas), sedangkan untuk daging sapi dan telur risikonya terlalu besar sehingga tidak kami sediakan. 13.000 paket tersebut dibagi ke empat kecamatan dalam jumlah paket yang tidak sama, karena berdasar pada data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari Dinas Sosial,” terang Popi.

Kepok bersubsidi itu dipatok dengan harga jauh di bawah harga pasar. “Harga beras Rp 6.500 per 5 kilogram, minyak goreng Rp 7 ribu per tiga liter dan gula pasir Rp 6 ribu per tiga kilogram. Sedangkan untuk harga per paket Rp 66 ribu dari harga normal Rp 137.500. Ini artinya KPM menerima subsidi sebesar Rp 71.500 untuk setiap paketnya,” urai Popi. (yul/ziz/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan