Disparbud Lakukan Ekspansi Promosi

BANDUNG – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat (Disparbud Jabar) menyambut baik rencana Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan nasional yang akan membuka rute penerbangan Bandung-Singapura Pulang Pergi (PP). Sebab, rencana tersebut dinilai akan membantu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jawa Barat.

Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Disparbud Jabar, Idar Darmawan mengatakan, dibukanya rute penerbangan Bandung-Singapura setara dengan membuka akses ke 270 negara di dunia. Hal itu karena, Singapura merupakan penghubung negara-negara di Asean maupun dunia.

Idar menyebut, ekspansi atau perluasan promosi destinasi wisata di Jawa Barat akan ter­bantu dengan pembukaan rute tersebut. Selama ini, wi­satawan luar negeri khususnya Asean terbilang banyak datang dari Malaysia dan Singapura

”Dengan Singapura men­jadi hub, bisa menarik wisa­tawan dari luar kedua negara itu menjadi pola konekting. Nah Garuda ini memiliki ke­las tersendiri, jaminan dan fasilitas layanannya cukup bagus,” kata Idar di Bandung, kemarin.

Idar menyebutkan, desti­nasi wisata yang sering dikun­jungi wisatawan dari Singa­pura di Jawa Barat ialah ka­wasan Bandung Selatan dan juga Bandung Utara. Untuk Bandung Selatan, lanjut dia, Kawah Putih masih memiliki daya tarik bagi wisatawan dari negara tersebut.

”Termasuk Bandung Utara yang memiliki investasi cukup lengkap dan itu menjadi daya tarik. Pasarnya ada eks patriat residen Singapura dan ada Residen Singapura,” kata dia.

Garuda Indonesia sendiri akan kembali membuka rute pener­bangan Bandung-Singapura pada 2 Desember 2018. Pener­bangan tersebut akan dilayani sebanyak empat kali dalam seminggu, yaitu hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu dengan armada B737-800NG.

General Manager Garuda Indonesia, Erina Damayanti menyebutkan, dibukanya penerbangan Bandung-Sing­apura tersebut adalah bagian dari komitmen Garuda Indo­nesia mendukung potensi pariwisata di Jawa Barat. Perkonomian Kota Bandung juga akan terbantu karena dikenal sebagai kota pendi­dikan ternama di Indonesia.

”Layanan penerbangan ini kami harapkan akan mem­permudah akses wisatawan internasional menikmati keragaman budaya di Bandung. Kami optimistis dibukanya penerbangan ini dapat memaksimalkan po­tensi kunjungan wisatawan di tahun-tahun mendatang,” kata Erina.(mg1/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan