Disdukcapil Kabupaten Cianjur Kejar Target

CIANJUR – Pemerintah Kecamatan Cam­pakamulya menargetkan pencetakan e-KTP bagi warganya akan selesai sebelum akhir Mei mendatang. Pencetakan itu bisa dilakukan setelah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur telah mendistribusikan sejumlah kelengkapan untuk perekaman dan pencetakan e-KTP.

Data yang diperoleh dari Disdukcapil Kab. Cianjur, untuk wilayah Kecamatan Campakamulya ini, ada sekitar 15 ribu jiwa penduduk. Dimana 95 persen di antaranya sudah memiliki e-KTP dan sisanya ada yang masih menggunakan surat keterangan (Su­ket), dan ada juga peserta baru atau warga yang baru menginjak usia 18 tahun.

“Berdasar laporan dari operator e-KTP, untuk di Campakamulya ini sudah men­capai apa yang menjadi target perekaman. Artinya sudah melebihi dari target data yang diberikan, namun karena memang ada lagi pemohon e-KTP pemula. Maka, paling lambat perekaman bisa tuntas sebelum akhir bulan Mei,” kata Yudi, petugas operator e-KTP Kecamatan Campakamulya kepada Jabar Ekspres kemarin, Senin (2/4).

Yudi mengungkapkan, dengan adanya ketersediaan berbagai fasilitas untuk penunjang pembuatan e-KTP dari Disduk­capil, pihaknya berkemampuan mencetak 5-10 e-KTP perhari, dan itu dinilai sangat efektif.

“Untuk yang belum melakukan perekaman saat ini, paling ada sekitar 500 orang. Jadi, bagi warga yang punya Suket tolong dis­ampaikan ke kami (petugas-red), dan nanti akan kami langsung cetak,” ujarnya.

Yudi mengaku dalam pencetakan e-KTP tidak ada kesulitan. Meskipun mesin penc­etakan e-KTP hanya ada satu, tapi tidak ada kesulitan dalam melakukan pencetakan, karena alat pencetakan yang diberikan pihak Disdukcapil dalam kondisi baik.

“Tidak ada kesulitan selama ada blankon­ya, meskipun antara data (perekaman e-KTP) dengan kesediaan blanko tidak berimbang, tapi untuk perekaman serta pencetakan bisa terpenuhi dengan baik,” pungkas Yudi.(mg1/yhi)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan