Disdik Jabar Kenalkan Program Jabar Masagi di Garut

GARUT — Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pendidikan Jabar, mengenalkan konsep Jabar Masagi kepada Sekolah SMA, SMK dan Pendidikan Khusus. Tim Jabar Masagi pun melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Senin (12/11) di Hotel Harmoni jalan Cipanas, Kelurahan Pananjung, Garut.

Kegiatan FGD itupun diikuti oleh sekolah di enam wilayah sekaligus yaitu Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kota Banjar, Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran.

RADAR GARUT/ JABAR EKSPRES
ANTUSIAS IKUTI FGD: Peserta dari pengawas sekolah, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, MKKS, ForumnOSIS, Komite Sekolah, dan budayawan mengikuti FGD eksternal di Garut, kemarin.

Peserta yang hadir di antaranya kalangan pengawas sekolah, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, MKKS, OSIS, Komite Sekolah, budayawan dan Kandep. FGD tersebut pun diikuti dengan sangat antusias oleh para peserta. Mereka merespons dengan baik konsep Jabar Masagi itu.

Erwan Nizwarudin, Tim Jabar Masagi menjelaskan, Pemprov Jabar melalui Tim Jabar Masagi yang di dalamnya dimotori Disdik Jabar sudah memiliki draf konsep Jabar Masagi atau naskah rasionalisasinya.

RADAR GARUT/ JABAR EKSPRES
PAPARKAN KONSEP JABAR MASAGI: Erwan Nizwarudin, pemateri Program Jabar Masagi (kiri) memberikan pemaparan dalam acara FGD eksternal Jabar Masagi di Garut, kemarin.

Pada kegiatan FGD ini, tujuannya mengenalkan sambil meminta masukan dari kalangan yang diundang. Sehingga diharapkan Jabar Masagi ini benar-benar menjadi konsep yang diterima, atau menjadi konsep kebutuhan akar rumput, bukan sekadar konsep di atas saja.

“Mana yang kurang, mana yang harus diperbaiki, supaya ke depannya, Jabar Masagi ini memang sesuai dengan kebutuhan yang ada di lapangan. Jangan hanya konsep di atas saja tapi memang pas,” tegasnya.

Seperti Apa Konsep Jabar Masagi?

Erwan menjelaskan, Jabar Masagi sederhananya adalah sebuah konsep pendidikan karakter yang disesuaikan dengan konteks Jawa Barat yang mengangkat nilai-nilai luhur atau kearifan lokal yang sudah tertanam di Jawa Barat.

Tujuan utamanya, dengan Jabar Masagi ini, Pemprov Jabar ingin menghasilkan generasi mendatang yang bisa harmonis antara dirinya sendiri, dengan sesama dan harmonis dengan lingkungan sekitar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan