Dirikan E-Warung untuk Program Keluarga Harapan

BANDUNG– Keberadaan E Warung Mentari merupakan salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat melalui program kpm pkh yang dibantu oleh Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (Dinsotangkis)

Saripah sebagai Kepala Seksi Dinas Sosial Penanganan PKH Bantuan Non Tunai menyebutkan, terbentuknya E-Warung berkat dorongan dari pemkot Bandung kepada masyarakat Rancasari khususnya untuk memberdayakan masyarakat.

’’Pemerintah Kota Bandung memberikan dana sharing sebanyak 5 persen untuk menambah income KPM PKH” jelas Saripah kepada wartawan jabar ekspres di acara Launching Kantor Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan.

Tidak hanya memberikan modal, dinas sosial juga memberikan pembinaan kepada masyarakat untuk bisa mengembangkan modal yang suah diberi oleh pemerintah

“Kita juga melakukan pembinaan-pembinaan melalui pelatihan keterampilan. Sehingga dapat menambah keterampilan perekonomian masyarakat. Tidak hanya alat dan bahan yang diberikan pemerintah untuk menjadi modal.” Lanjutnya

Nina triani sebagai supervisor PKH menegaskan, keberadaan E Warung diharapkan mampu memberdayakan masyarakat yang kurang mampu menjadi bisa keluar dari zona kemiskinan.

Selain itu, E- Warung ini memberikan pengetahuan baru kepada masyarakat yang tadinya tidak melek teknologi menjadi melek teknologi. Melalui sistem pembayaran elektronik, masyarakat mengetahui adanya pembayaran digital.

Menurutnya, keberadaan KPM PKH di Kota Bandung sudah mencapai 30.000. Untuk E Warung Sendiri di Kecamatan Rancasari terdapat 3. Untuk mendirikan E Warung harus dari amggota KPM PKH dan harus memiliki rumah sendiri untuk berjualan.

’’Dalam setiap satu E-warung dikelola oleh 10 orang.”tuturnya

Dia menjelaskan bahwa anggota KPM PKH diberikan pembelajaran dalam managemen setiap bulan, KPM PKH memperoleh bantuan pangan non tunai (BNPT) dari pemerintah. Dalam proses transaksi, E-warung berkolaborasi dengan bank BNI.

“Diharapkan melalui E-Warung ini masyarakat bisa kreatif terus berinovasi mengurangi tingkat kemiskinan, masyarakat akan semakin memberdayakan fasilitas yang sudah diberikan pemerintah dan PKH akan terus maju” pungkasnya.(mg5/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan