Dinkes Siapkan Posko Kesehatan untuk Pemudik

CIMAHI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi siapkan Posko pelayanan Kesehatan di dua titik jalur perlintasan mudik atau sepanjang jalur Amir Mahmud Kota Cimahi atau tepatnya di Alun-alun Cimahi dan di Jalan Raya Cibeureum Kebon Kopi Kota Cimahi.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Fitriani Manan mengatakan, pihaknya akan memberikan pelayanan kesehata kepada para pemudik yang melintas di Kota Cimahi secara gratis.

”Kita akan buat dua posko, di Alun-alun Cimahi dan Jalan Raya Cibeureum. Karena kan Cimahi ini hanya perlintasan bagi pemudik, dan jalurnya juga hanya sepanjang Jalan Amir Machmud ini,” katanya, saat ditemui di Komplek Perkantoran Pemerintahan Kota Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Rabu (30/5).

Fitriani menyebutkan, Posko pelayanan akan mulai dibuka pada H-7 dan H+7 Idul Fitri. Di setiap posko, akan disiagakan empat petugas yang terdiri dari satu dokter, dua perawat dan satu sopir dengan satu unit mobil ambulan. Pelayanan akan berlangsung dua shift.
”Dalam sehari di satu posko secara keseluruhan ada 8 petugas. Tugas pelayanan akan dimulai pukul 09.00-15.30 WIB, dan pukul 15.30-22.00 WIB,” sebutnya.

Selain tenaga medis, Dinas Kesehatan Kota Cimahi juga akan menyediakan sejumlah obat-obatan gratis. Obat yang akan disediakan di antaranya untuk gejala pusing kepala, maag, dan keluhan lainnya.

Sementara bila penyakitnya sudah tidak bisa ditanga¬ni di posko pelayanan, maka akan langsung dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat.

”Untuk pelayanan di posko sendiri hanya untuk kelu¬han penyakit ringan, sedangkan kalau yang berat langs¬ung kita rujuk ke RSUD Cibabat. Petugas juga wajib mengedepankan senyum, salam, sapa, sopan, dan santun,” tuturnya.
Fitriani menambahkan, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskemas) di Kota Cimahi juga tetap akan membuka layanan terhadap masyarakat saat perayaan Idul Fitri 1439 Hijriyah. Artinya, saat cuti bersama lebaran 2018 mulai 11 Juni hingga 21 Juni tak berlaku bagi petugas Puskesmas.

” Jadi 13 Puskemas yang ada tetap akan membuka layanan bagi masyarakat. Liburnya hari H lebaran dan tanggal merah saja. Sisanya mereka masuk seperti biasa,” bebernya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan