Dikejar Perbaikan Venue

BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) menilai beberapa venue yang akan digunakan dalam perhelatan Asian Games memerlukan pembenahan. Untuk itu, Pemprov Jabar akan menggandeng pihak swasta melalui Corporate Social Responsibility (CSR) dalam membantu pembenahan agar bisa digunakan secara optimal pada Asian Games 2018.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat, Iwa Karniwa mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi bersama dinas-dinas terkait terdapat beberapa poin yang harus segera dilakukan pembenahan. Di antaranya perbaikan akses jalan menuju venue Down Hill sepanjang 4 kilometer berstatus jalan desa di Kabupaten Subang.

Dikatakan Iwa, untuk perbaikan jalan tersebut pihaknya akan segera melakukan rapat untuk mencari solusi agar jalan tersebut bisa segera diperbaiki. Sebab, Kabupaten Subang hanya mampu mengalokasikan anggaran senilai Rp 600 juta untuk panjang jalan 200 meter. Menurutnya, solusi yang paling tepat adalah dengan melibatkan pihak CSR.

”Saya akan bertemu dengan pihak yang akan memberikan CSR, tetapi sambil jalan sudah disiapkan oleh Kabupaten Subang mengenai RAB dan juga jalan-jalan. Sehingga, untuk poin nomor satu bisa kita selesaikan,” kata Iwa di Bandung kemarin (18/5).

Iwa melanjutkan, nantinya perbaikan jalan akan diketuai Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat. Selain itu, untuk proposal pengajuan sudah dibuat Pemkab Subang dan akan segera diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang dinilai dapat membantu perbaikan tersebut. ”Tinggal oleh gubernur diberikan kepada pihak yang akan memberikan CSR,” kata dia.

Selain itu, pada penyelenggaraan Asian Games mendatang juga dibutuhkan sebanyak 500 buat traffic cone yang akan digunakan dalam Cabang Olahraga (Cabor) balap sepeda dan road race. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat untuk meminjam traffic cone yang biasa digunakan untuk kepentingan mudik dan lebaran.

”Masalah ini Alhamdulillah sudah ada solusi. Pada saat test event kita pakai dulu, lalu dipakai untuk pelaksanaan mudik dan lebaran, setelah itu dipergunakan untuk road race dan balap sepeda,” kata dia.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Barat, Yudha M Saputra mengungkapkan, untuk test event pada Cabor balap sepeda dan road race sebelumnya telah dilakukan dan berjalan mulus. Namun, untuk akses jalan menuju venue tersebut diakui masih memerlukan perbaikan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan