Didik Siswa untuk Berprestasi

SOREANG – Setelah berhasil meraih Adiwiyata Nasional SMA Negeri 1 Margahayu Kabupaten Bandung kini, sekolah tersebut menargetkan kembali untuk meraih Adiwiata Mandiri.

Kepala SMAN Margahayu A. Hudaya mengatakan, sesuai dengan visi misi SMAN Margahayu pihaknya ingin menjadikan sekolah bersih, berbudaya, maju mandiri. Sehingga, perlu diterapkan kepada para siswa.

Penekanan ini, dilakukan kepada para siswa agar selalu menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Sebab, mencintai keindahan dan kebersihan merupakan bagian dari cerminan manusia beriman.

’’ Kalau bersih itu, pikiran jadi tenang,nyaman dan enak buat belajar,”jelas Hudaya ketika ditemui di ruang kerjanya kemarin (1/2)

Dirinya memaparkan, saat ini jumlah siswa didik mencapai 1416 orang yang terdiri dari 38 ruang kelas dengan 36 Rombongan Belajar (Rombel).

Sementara untuk fasilitas siswa di antarannya ruang Multimedia, Labolatorium IPA, Labalotorium Bahasa, Perpustakaan dan sarana olahraga.

’’ tenaga pendidik berjumlah 62 guru berstatus PNS dan 19 guru honorer ,’’ kata dia.

Untuk kegiatan mengajar lanjut dia, pihaknya selalu memberikan arahan kepada seluruh guru, agar, dalam memberikan pembelajaran jangan monoton santai tapi bisa dimengerti siswa.

Selain itu, untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan siswa, program-program pembelajaran tambahan sealu diberikan khususnya bagi siswa yang akan melaksanakan Ujian Nasional (UN)

’’Alhamdulillah beberapa alumni dapat melanjutkan kes perguruan tinggi negeri dan swasta ternama,”ucap dia.

Hudaya menambahkan, SMAN Margayau juga melakukan kegiatan pembinaan kepada beberapa sekolah dasar seperti SDN 8 Cicalengka, SDN Babakan wangi, SMPN 3 Margahayu dan SMAN 1 Cileunyi.

Hudaya menambahkan, selain pembinaan kepada sziswa pihaknya juga memberikan program diluar belajar berapa ekstrakulikuler yang difokuskan kepada minat siswa.

Dengan begitu, setelah dibuka program tersebut ternyata siswa-siswa memiliki potensi diberbagai bidang. Namun, yang paling diminati adalah di bidang olahraga menembak yang dijadikan Ekstrakulikuler khusus bagi siswa.

’’Kita memiliki siswa yang mahir dalam olahraga menembak malah prestasinya sudah menjuarai pada Asian Games,’’pungkas Hudaya. (opl/rus/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan