Dewan Segera Akomodir Hasil  Reses

BANDUNG –  Untuk mengakomodir laporan Reses ke I, DPRD Jabar menyampaikan laporannya pada Sidang Paripurna kemarin (6/3)

Ketua DPRD Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari mengatakan, kegiatan Reses dilakukan secara serentak di 12 Daerah Pemilihan di Jabar terhitung pada bukan Februari lalu selama satu minggu.

Menurutnya, mengenai laporan reses sudah disampaikan dalam Rapat Paripurna yang selanjutnya akan di laporkan kepada Gubernur Jawa Barat dan bagi dewan menjadi bahan evaluasi hasil pembangunan di Jabar selama ini.

Dia menuturkan, dari kesimpulan laporan reses diketahui masalah klasik seperti saran infrastruktur, pelayanan kesehatan, pendidikan masih menjadi keluhan-keluhan masyarakat. Terlebih,  ketika reses sedang terjadi musim hujan. Sehingga, keluhan banjirpun sering dilontarkan masyarakat ketika anggota DPRD Jabar mendatangi Daerah Pemilihannnya.

Selain itu, persoalan lainnya adalah keluhan penanganan bencana yang dinilai oleh masyarakat masih lambat. seperti terjadinya longsor diberbagai daerah di Jabar seperti yang baru-baru ini terjadi  di Karawang, Kuningan dan Cirebon.

Menanggapi hal ini, lanjut Ineu, Dewan akan segera menyampaikan permasalahan yang ditemui didaerah dengan memberikan data laporan hasil reses ke pemerintah pemprov Jabar untuk segera dilakukan pembenahan dan penataan.

Dirinya mencontohkan, untuk masalah banjir, dari hasil temuan di kesgiatan reses, nantinya akan disampaikan baik secara laporan ataupun meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  terkait berdasarkan kewenangannya.

Selain itu, sesuai dengan tugas dan fungsinya seluruh dewan melalui Komisi-Komisi sering melakukan kunjungan ke berbagai daerah dalam rangka kunjungan kerja untuk memastikan bahwa program pembangunan berjalan dengan perencanaan sebelumnya.

’’ Ini sangat penting dilakukan agar pembangunan di Jabar on the track dan bisa dirasakan masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung,” ucap Ineu.

Ditempat sama, Wakil Ketua DPRD Jawa Barat dari Fraksi Partai Gerindra, Abdul Haris Bobihoe mengatakan, secara umum hasil reses ke reses, lebih banyak keluhan infrastruktur hal ini terlihat bahwa masalah Infrastruktur belum semuanya terpenuhi di beberapa daerah di Jawa Barat.

’’ Saya waktu itu reses di Daerah Pemilihan (Dapil) Depok dan Bekasi keluhannya masih seputar itu,”jelas Haris.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan