Desa Cilampeni Miliki Generasi Tanggap Bencana

SOREANG – Pemerintah Desa Cilampeni Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung memiliki berbagai macam program untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Kepala Desa Cilampeni Uus Ruslan mengatakan, dibentuknya tim tanggap bencana dan rescue desa bertujuan untuk meningkatkan kessadaran masyarakat akan ancaman terjadinya bencana alam.

Dia menuturkan, untuk membentunya, pihkanya mewadahi karang taruna desa Cilampeni untuk membentuk desa tanggap bencana yang berdiri sejak 2009 lalu. Bahkan, kegiatan ini sudah ada sebelum dia menjadi kepala desa Cilampeni.

Desa Cilampeni Miliki Generasi Tanggap Bencana
SIAP DIBERDAYAKAN: Pemuda desa Cilampeni yang tergabung dalam karang taruna membentuk tim rescue untuk tanggap bencana.
” Setelah saya menjadi kepala desa, program rescue menjadi misi pemerintah desa. Walaupun berada didesa, tanggap bencana tidak fokus untuk di desa Cilampeni saja. Tapi bergerak juga ke desa lainnya,” jelas uus ketika ditemui kemarin. (9/10).

Selain itum untuk menjalin kerjasama lebih luas, tim rescue desa Cilampeni juga selalu berkomunikasi dengan berbagai perguruan tinggi khususnya komunitas mahasiswa pecinta alam dengan membentuk tim tanggap bencana secara mandiri.

“Setiap pembinaan dan pelatihan kepada tim rescue desa cilampeni, kami berkomunikasi dengan tenaga ahli. Karena banyak relasi dari komunitas-komunitas memberikan pembinaan dan berbagi pengalaman. Sedangkan untuk Pelatihan BPBD kabupaten Bandung membantunya dengan sukarela,” kata dia.

Uus menambahkan, dibentuknya Tim rescue desa ini ddasari dari sering terjadinya banjir dari meluapnya sungai Citarum.
Sehingga, para personil dari tim rescue sudah terlatih untuk melakukan evakuasi.

Uus menambahkan. program desa siaga bencana ini mendapat dukungan positif dari pemerintah kecamatan katapang. Agus Sumarna kasi Sosbud mengatakankan pihaknya sangat menyambut positif kegiatan tim rescue desa Cilampeni yang bergerak dibidang sosial untuk tanggap bencana.

“Ya, bagus. Kami sangat mendukung program desa siaga bencana, karena bergerak dibidang sosial. Tim Rescue Desa Cilampeni, selalu bergerak secara sosial dalam penangan bencana yang terjadi di wilayah katapang, kabupaten Bandung bahkan wilayah Jabar,” katanya

Agus berharap, dengan adanya tim rescue binaan desa cilampeni bisa membantu mengantisipasi terjadinya bencana di wilayah katapang dan untuk meningkatkan pengalaman dan pelatihan, tim rescue desa cilampeni tinggal meningkatkan koordinasi dengan pihak yang berkompeten.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan