Dari Sampah Bisa Dapatkan Emas

BANDUNG – Bagi warga Kota Bandung jika ingin be­rangkat haji atau memiliki logam mulia (emas) dari PT Pegadaian (Persero), kini cu­kup dengan cara mengum­pulkan sampah.

Untuk mekanismenya warga cukup menyetorkan sampah unorganik di bank sampah yang dimiliki Kecamatan RW 07 Su­kaasih, Kelurahan Sindangjaya.

Dari bank sampah tersebut, nantinya warga akan menda­patkan nomer rekening ta­bungan dan kartu anggota. Sehingga, ketika sampah yang dijual tersebut mencukupi untuk ongkos naik haji atau setara harga emas, warga ting­gal datang ke PT Pegadaian.

’’ Ini adalah bentuk kerja­sama dan kolabrosai yang sangat menguntungkan se­hingga dari sampah akan menjadi bermanfaat,”jelas Wali Kota Bandung Oded M. Danial kepada waratwan ke­marin. (2/12).

Selain itu, warga juga bisa langsung mencairkan uang saldo dari hasil penjualan sampah tersebut untuk ber­bagai kebutuhan. Sehingga, dapat emmbantu perekono­mian keluarga. Sebab, se­jumlah bank sampah di Kota Bandung telah me­layani pembayaran listrik, PDAM, atau keperluan lain­nya dengan sampah.

’’Saldo yang terkumpul da­pat digunakan untuk me­menuhi kebutuhan sehari-hari,’’kata Oded.

Dia menuturkan, program tersebut sangat selaras dengan inovasi yang dimiliki oleh Pemkot yang saat ini sedang gencarnya menyosialisasikan Kangpisman. Terlebih, per­masalah sampah perlu ba­nyak kolaborasi bersama.

Oded berharap, seluruh pe­rusahaan BUMD maupun swasta di Kota Bandung harus ikut proaktif dan mendukung secara penuh program Kang­pisman. Sehingga permasa­lahan sampah di Kota Bandung akan cepat tertangani.

’’Perusahaan bisa membe­rikan dukungan melalui Co­orperate Sosial Responbility dan mengajak peran serta masyarakat agar Kangpisman menjadi budaya,” kata dia.

Oded menambahkan, ma­syarakat harus sadar bahwa keberadaan sampah sebe­tulnya bermanfaat jika di­kelola dengan benar dengan Kurangi, Pisahkan dan Man­faatkan Sampah (Kangpis­man), sehingga, memiliki nilai ekonomis.

’’Jadi, yuk kita giatkan program Kangpisman. Insya Allah bisa naik haji dan punya emas batangan,”kata Oded. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan