Dari Pesantren Berkhidmat Untuk Warga Jawa Barat

Uu Ruzhanul Ulum atau Kang Uu adalah sosok yang yang tidak bisa dilepaskan dari pesantren. Kalaupun ia kental dengan dunia pesantren, karena memang darah pesantren mengalir deras dalam tubuhnya. Selain dibesarkan di lingkungan pesantren, Kang Uu adalah cucu KH. Khoer Affandi atau yang di lingkungan pesantren Miftahul Huda Manonjaya Tasikmalaya dikenal dengan sebutan Uwa Khoer, sosok ulama kharismatis pendiri pesantren yang ribuan alumninya saat ini tersebar di berbagai wilayah di Indonesia dan di mancanegara.

Terlahir dan tumbuh besar di lingkungan pesantren, wajar jika kultur kebersahajaan dan rasa kebersamaan senantiasa nampak dan mewarnai aktifitas keseharian Kang Uu. Saat kecil, Ia seringkali dibawa oleh kakeknya KH Khoer Affandi ke berbagai tempat untuk mendampingi sang kakek berdakwah, serta beragam kegiatan sosial lainnya.

“Secara sosial, hidup ini baru bisa disebut bermakna apabila hidup kita bermanfaat bagi masyarakat” ujar Kang Uu saat mengungkap prinsip hidup yang diwariskan dari sang kakek, kedua orang tua dan keluarga besarnya. Ini sesuai dengan hadist Nabi Muhammad SAW yang menyebutkan bahwa sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya. Khoirunnas anfauhum linnas.

Selain menyelesaikan pendidikanya di sekolah formal sejak Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Khoeriyah, SMP Negeri Manonjaya, SMA Pasundan, hingga Studi S1 di Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi – semuanya di Tasikmalaya, Kang Uu juga tercatat pernah mondok alias nyantri di sejumlah pesantren. Beberapa pesantren tempat Kang Uu pernah mondok diantaranya, Pesantren Bantar Gedang Cibeureum Tasikmalaya, Ponpes Miftahul Huda Ustmaniyah Cikole Cihaurbeuti, Ciamis, Ponpes Baitul Hikmah, Haurkoneng Salopa Tasikmalaya, dan di pesantren yang didirikan kakeknya, Ponpes MIftahul Huda, Manonjaya Tasikmalaya.

Berlatar tradisi dan akar pesantren yang kuat, Kang Uu kemudian berkiprah di partai politik. Aktifitas politiknya dimuai di usia yang masih relatif muda, tepatnya saat berusia 18 tahun, dengan bergabung sebagai kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP), yang memang memiliki basis politik sangat kuat di Tasikmalaya dan wilayah Priangan Timur.

Dalam hal pilihan politik, Kang Uu adalah seorang loyalis sejati. Afiliasi politiknya tidak pernah bergeser dari partai berlambang kabah yang membesarkan dirinya. Ia mengawali kiprah politiknya di PPP dengan menjadi pengurus ranting (PAC) PPP di Desa Kalimanggis Kec. Manonjaya Tasikmalaya pada 1987 – 1993. Karir politiknya semakin menanjak dengan menjadi pengurus harian DPC PPP Kabupaten Tasikmalaya (1997 – 2010) dan menjadi pengurus harian DPW PPP Provinsi Jawa Barat (2011) sekarang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan